Analisis Kompetensi Profesional Guru di SMK

Hanif Al Kadri(1), Putri Sinta(2), Indra Jaya(3),
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.120399

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui informasi terkait dengan kompetensi profesional guru di SMKN 5 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI dan XII di SMK N 5 Padang dengan jumlah 492 siswa. Sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 88 siswa yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Teknik yang digunakan untuk menentukan ukuran sampel yaitu rumus slovin dengan margin of error 10%. Pada penelitian ini teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Uji coba dilakukan kepada 33 siswa kelas XI dan XII diluar sampel penelitian. Uji coba validitas dan reliabilitas menggunakan program IBM SPSS (Statistic Package and Social Science) 24.0 for windows. Uji validitas penelitian ini menggunakan product moment dengan taraf signifikan 5% (0,444) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Data yang telah terkumpul diolah menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran pada komponen: 1) Mengelola program pembelajaran menunjukkan skor rata-rata 3,80, 2) Menguasai materi atau bahan pelajaran menunjukkan skor rata-rata 3,88, 3) Mengelola kelas menunjukkan skor rata-rata 4,02. 4) mengelola dan menggunakan media serta sumber belajar menunjukkan skor rata-rata 4,02. Secara keseluruhan dapat disimpulkan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru SMK N 5 Kota Padang berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,94.  


Keywords


Analisis; Kompetensi profesional guru

References


Arsy, S. M. R. S. S. (2022). Implementasi Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(4), 337–341.

Asmarani, N. (2014). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 503 ‐ 510.

Male, V., Ansar, & Arwildayanto. (2021). Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal of Educational Administration and Leadership, 10(1), 104–110.

Navisa, J., Jasrial, Ermita, & Sulastri. (2021). Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Praktek Lapangan ( PPL ) Jurusan Administrasi Pendidikan UNP se- SMK Negeri Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(3), 63–69. https://doi.org/10.24036/jeal.v1i3.66

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Antasari Press.

Roestiyah. (2015). Strategi Belajar Dan Mengajar. Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sari, F. R. C., Nellitawati, Sufyarma, & Hadiyanto. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Iklim Organisasi Di Smk Negeri 4 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(2), 8–12.

Sasmita, M., Nellitawati, N., Adi, N., & Alkadri, H. (2021). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru di SMK Harapan Bangsa Panti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 4795–4799.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.

Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Esensi.

Yulinarti, M., Sulastri, Nellitawati, & Al, K. H. (2021). Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Negeri Padang Panjang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(4), 87–92.

Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(September), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522


Article Metrics

 Abstract Views : 600 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.