Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui informasi terkait dengan kompetensi profesional guru di SMKN 5 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI dan XII di SMK N 5 Padang dengan jumlah 492 siswa. Sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 88 siswa yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Teknik yang digunakan untuk menentukan ukuran sampel yaitu rumus slovin dengan margin of error 10%. Pada penelitian ini teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Uji coba dilakukan kepada 33 siswa kelas XI dan XII diluar sampel penelitian. Uji coba validitas dan reliabilitas menggunakan program IBM SPSS (Statistic Package and Social Science) 24.0 for windows. Uji validitas penelitian ini menggunakan product moment dengan taraf signifikan 5% (0,444) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Data yang telah terkumpul diolah menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran pada komponen: 1) Mengelola program pembelajaran menunjukkan skor rata-rata 3,80, 2) Menguasai materi atau bahan pelajaran menunjukkan skor rata-rata 3,88, 3) Mengelola kelas menunjukkan skor rata-rata 4,02. 4) mengelola dan menggunakan media serta sumber belajar menunjukkan skor rata-rata 4,02. Secara keseluruhan dapat disimpulkan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru SMK N 5 Kota Padang berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,94.  


Keywords


Analisis; Kompetensi profesional guru