Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Self Monitoring Guru Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri di Kabupaten Tanah Datar
(1) UIN Mahmud Yunus Batusangkar  Indonesia
(2) UIN Mahmud Yunus Batusangkar  Indonesia
(3) UIN Mahmud Yunus Batusangkar  Indonesia
(4) UIN Mahmud Yunus Batusangkar  Indonesia
(5) UIN Mahmud Yunus Batusangkar  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.120243
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) pengaruh signifikan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) pengaruh signifikan self monitoring terhadap kinerja guru, dan 3) pengaruh signifikan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan self monitoring secara simultan terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi adalah guru-guru pada semua SMA Negeri di Kabupaten Tanah Datar. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel adalah 208 orang. Instrumen adalah angket. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket dengan menggunakan aplikasi google form dan link-nya dibagikan melalui whatapps. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dari nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (4.149 > 1.984). 2) terdapat pengaruh signifikan antara self monitoring guru terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dari nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel, (9.221 > 1.984). 3) terdapat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan self monitoring guru secara simultan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dari nilai F-hitung lebih besar dari pada F-tabel, (254.573 > 3.00).
Keywords
References
Abonyi, U. K., Yeboah, R., & Luguterah, A. W. (2020). Exploring Work Environment Factors Influencing The Application of Teacher Professional Development in Ghanaian Basic Schools. Cogent Social Sciences, 6.
Antimah, S., & Santosa, A. B. (2017). Peran Gaya Kepemimpinan Transformasional dalam Memoderasi Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru. Telaah Manajemen, 14(2), 50–62.
Belay, S., Melese, S., & Seifu, A. (2021). Advancing Teachers’ Human Capital Through Effective Leadership and Institutional Safety: Mediating Effect of Professional Learning and Teaching Climate. Cogent Education, 8.
Devita, C. (2015). Pengaruh Self-Monitoring terhadap Impulse Buying pada Remaja Perempuan dalam Pembelian Produk tas Replika. Jurnal Parsimonia, 2(2), 43–53.
Dewi, I. K., & Mashar, A. (2019). Nilai-Nilai Profetik dalam Kepemimpinan Modern padaManajemen Kinerja. CV. GRE Publishing.
Faziz, M. (2015). Peranan Manajer Sekolah dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. PROSIDING, Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling dan Konsorsium Keilmuan BK di PTKI Batusangkar, 28-29 Nove.
Fortunately, R., Asmendri, & Haviz, M. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Pariangan. Jurnal al-Fikrah, VII(2).
Handini, D., Hendriani, S., & Salam, M. Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru IPS SMP pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Agam. CV. Insan Cendekiawan Mandiri.
Hen, M., & Goroshit, M. (2016). Social-Emotional Competencies Among Teachers: An Examination of Interrelationships. Cogent Education, 3(1151996).
Khasanah, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Pendidikan Islam. CV. Jakad Publishing Surabaya.
Kurnia, A. (2020). Self-Management Hipertensi. CV. Jakad Media Publishing.
Lambrecht, J., Lenkeit, J., Hartmann, A., Ehlert, A., Knigge, M., & Sporer, N. (2020). The Effect of School Leadership on Implementing Inclusive Education: How Transformational and Instructional Leadership Practices Affect Individualised Education Planning. International Journal of Inclusive Education.
Nurainy, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Pauw, J. B. De, Olsson, D., Berglund, T., & Gericke, N. (2022). Teachers’ ESD Self-Efficacy and Practices: A Longitudinal Study on the Impact of Teacher Professional Development. Environmental Education Research.
Quraihi, U., & Aziz, F. (2018). An Investigation of Authentic Leadership and Teachers’ Organizational Citizenship Behavior in Secondary Schools of Pakistan. Cogent Education, 5(1437670).
Romero-Ariza, M., Quesada, A., Abril, A.-M., & Cobo, C. (2021). Changing Teachers’ Self-Efficacy, Beliefs and Practices Through STEAM Teacher Professional Development. Journal for the Study of Education and Development, 44(4), 942–969.
Siri, A., Supartha, I. W. G., Sukaatmadja, I. P. G., & Rahyuda, A. G. (2020). Does Teacher Competence and Commitment Improve Teacher’s Professionalism. Cogent Business & Management, 7(1781993).
Solvik, R. M., & Roland, P. (2022). Teachers’ and Principals’ Diverse Experiences Expand the Understanding of How to Lead Collective Professional Learning Among Teachers. International Journal of Leadership in Education.
Surianto, E. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Profesionalisme Guru SMK Negeri di Kecamatan Teweh Tengah. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Toharudin, M. (2020). Buku Ajar Manajemen Kelas. Lakeisha.
Toropova, A., Myrberg, E., & Johansson, S. (2021). Teacher Job Satisfaction: The Importance of School Working Conditions and Teacher Characteristics. Educational Review, 73(1), 71–97.
Want, A. C. Van Der, Brok, P. Den, Beijaard, D., Brekelmans, M., Claessens, L. C. A., & Pennings, H. J. . (2019). The Relation Between Teachers’ Interpersonal Role Identity and Their Self-Efficacy, Burnout and Work Engagement. Professional Development in Education, 45(3), 488–504.
Widayati, A., MacCallum, J., & Woods-McConney, A. (2021). Teachers’ Perceptions of Continuing Professional Development: A Study of Vocational High School Teachers in Indonesia. Teacher Development, 25(5), 604–621.
Wulaningsih, Y. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupeten Klaten. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Zainiyati, H. S., Hana, R. Al, & Sari, C. P. (2020). Pendidikan Profetik: Aktualisasi & Internalisasi dalam Pembentukan Karakter. Goresan Pena.
Article Metrics
Abstract Views : 555 timesPDF Downloaded : 210 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.