Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) pengaruh signifikan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) pengaruh signifikan self monitoring terhadap kinerja guru, dan 3) pengaruh signifikan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan self monitoring secara simultan terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi adalah guru-guru pada semua SMA Negeri di Kabupaten Tanah Datar. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel adalah 208 orang. Instrumen adalah angket. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket dengan menggunakan aplikasi google form dan link-nya dibagikan melalui whatapps. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dari nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (4.149 > 1.984). 2) terdapat pengaruh signifikan antara self monitoring guru terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dari nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel, (9.221 > 1.984). 3) terdapat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan self monitoring guru secara simultan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dari nilai F-hitung lebih besar dari pada F-tabel, (254.573 > 3.00).


Keywords


gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah; self monitoring; kinerja guru