Analisis Kepemimpinan Sukses Berkelanjutan di Sekolah

Monaliza Monaliza(1), Muhammad Ikon(2), Nurhizrah Gistituati(3),
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.119691

Full Text:    Language : id

Abstract


Kepemimpinan di sekolah merujuk pada peran manajerial kepala sekolah.  Kenyataanya selama ini belum pernah ada penilaian kepala sekolah berdasarkan pada kriteria kepemimpinan sukses dan berkelanjutan.  Padahal kinerja guru dan prestasi serta motivasi siswa sangat ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah.  Salah satu sekolah yang ada di Kota Bukittinggi adalah SDN 01 Campago Ipuh.  Penelitian terhadap kepemimpinan sukses dan berkelanjutan dilakukan di sekolah ini dan memberikan hasil (1) kepala sekolah SDN 01 Campago Ipuh menerapkan kepemimpinan sukses dan berkelanjutan dengan baik pada skor 80 (tinggi), (2) kepala sekolah SDN 01 Campago Ipuh menerapkan metode kepemimpinan berkelanjutan melalui 2 cara yaitu (1) kepemimpinan yang terdistribusi dan (2) suksesi kepemimpinan. Disarankan agar pihak dinas melakukan evaluasi terhadap kepala sekolah berdasarkan kriteria kepemimpinan sukses dan berkelanjutan dan mengeluarkan aturan pada program suksesi kepala sekolah berbasis pada kriteria kepemimpinan yang sukses dan berkelanjutan

Keywords


kepemimpinan sukses; berkelanjutan; kepala sekolah

References


Alya, A.S. Muhammad, T.H. Muhammad, S.D. Akhwani. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol (5) No 5, Hal 3625-3635.

Andriana, S& Elya, R. 2021. Analisis Kebijakan Dan Kepimpinan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, Vol (5) No 2, Hal 724-732

Danhas, Y. 2021. Analisis Pengelolaan dan Kebijakan Pendidikan / Pembelajaran. DeePublish. Yogyakarta.

Davies, Brent & John West-Burnham. 2003. Hand Book of Educational Leadership and Manajemen. London: Pearson Longman.

Dwi, E.K. 2019. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, Vol (4) No 1, Hal 19-28.

Hermanto. Arita, M. Mohamad, S.S. 2021. Studi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Era New Normal Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, Vol (5) No 3, Hal 1502-1508.

Minsih. Rusnilawati. Imam, M. 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol (6) No 1, Hal 29-40

Pearce, J.A. & R.B. Robinson, Jr. 2013. Strategic Manajemen: Planning for domestic and Global Competition, 13th edition, Chicago, IL: R. D. Irwin, Inc.

Robbinns, Stephen P. & Mery K. Coulter. 2009. Manajemen. New York: Pearson Prentice Hall.

Sidik, P. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol (6) No 2, Hal 149-162.

Suastini dan Manuaba. 2021. “Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol (5) No 1, Hal 169 – 178.

Voelker Jr. 2022. “Causal relationship among transformational leadership, professional learning communities and teacher collective efficacy”. International Journal of Education, Vol (5), Issue 3.

Wayan, S.J. 2022. Kinerja Guru Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol (6) No 3, Hal 1286-1294.

Zuldesiah. Nurhizrah, G. Ahmad, S. 2021. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru-Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol (5) No 2, Hal 663-671


Article Metrics

 Abstract Views : 334 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.