Peningkatan Kompetensi Pendidik dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi di SMA PGRI 2 Banjarmasin

Rasuna Rasuna(1), Agustina Rahmi(2),
(1) Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, UNISKA MAB Banjarmasin  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan Tinggi UNISKA MAB Banjarmasin  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.119225

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dalam penggunan media pembelajaran di SMA PGRI 2 Banjarmasin. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 (dua) siklus kemudian dianalisis dengan prosentasi untuk melihat layak, cukup layak atau kurang layak dari media yang dibuat oleh Pendidik. Langkah peningkatan kompetensi pendidik dalam membuat dan menggunakan media animasi diawali dengan Pra observasi atau pra siklus, selanjutnya dilakukan dengan pendampingan melalui In House Traning (IHT). Temuan pada penelitian, Analisis siklus I, bahwa Kompetensi Pendidik Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi dengan kriteria layak  ada 3 orang  atau 9 %, cukup layak 11 orang atau 35 % dan kurang layak  18 orang atau  56%. Analisis siklus II, bahwa Kompetensi Pendidik Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi dengan kriteria layak 16 orang atau 50%, cukup layak 10 orang atau 31% dan kurang layak 6 orang atau 19%. bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Kesimpulannya siklus I pendidik yang tuntas dalam membuat dan layak digunakan media berbasis animasi hanya 3 orang pendidik atau 9% maka pada siklus II yang tuntas membuat dan layak digunakan media berbasis animasinya menjadi 16 orang pendidik atau 50%. Dari data ini menunjukkan bahwa pendampingan kepada pendidik melalui In House Traning (IHT) dan dengan langkah-langkah lainnya yang dilaksanakan peneliti dapat meningkatkan kompetensi pendidik dalam pembuatan dan penggunaan media pembelajaran berbasis animasi di SMA PGRI 2 Banjarmasin. 

Keywords


Kompetensi Guru; Media Pembelajaran; Animasi

References


Anwar, Chairul, 2014, Hakikat Manusia Dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Filosofis, 2014, Yogyakarta: SUKA-Press

Anwar, Chairul, 2019. Multikulturalisme, Globalisasi dan Tantangan Pendidikan Abad Ke- 21. Yogyakarta: DIVA Press

Arikunto, Suharsimi, 2012. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, dan Cepi, Safruddin AJ.. 2018. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi, 2005, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikonto, Suharsimi, 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad Azhar, 2017 Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Aqib, Zainal, Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). 2013. Jakarta: Rineka Cipta

Anugerah, Candra, 2018. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Badan PSDMP dan PMP, Kementerian Penddikan Nasional, 2011. Penelitian Tindakan Sekolah, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, Jakarta, Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan

Bogdan dan Taylor. 2012. Prosedur Penelitian. Dalam Moleong, Pendekatan Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas

Djemari Mardapi. 2010. “Evaluasi Pendidikan”. Makalah disampaikan pada Konvensi Pendidikan Nasional tanggal 19 – 23 September 2010 di Universitas Negeri Jakarta.

Echols, John M and Hassan Shadily. 2010. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama.

Fasli Jalal dan Dedi Supriadi, 2011. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomii Daerah. Yogyakarta: Adi Cita.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Hamdani, 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia

Kemmis S & Mc. Taggart R, 1991. The Action Rearch Reader, Deakin University Press, Australia

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Noe, Raimond, A. 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia: Mencapai Keunggulan Bersaing, Penerjemah David Wijaya Jakarta: Salemba Empat.

Permendiknas No. 12 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru, Jakarta: Depdiknas

Sagala, H. Syaiful. 2013, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan; Pemberdayaan Guru, Tenaga Kependidikan dan Masyarakat Dalam Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta

Satori, Djaman. 2010. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen


Article Metrics

 Abstract Views : 196 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.