Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pengambilan keputusan

Muhammad Arif Kurnianda(1), Yanni A(2), Rika Susi Waty(3), Nurhizrah Gistituati(4),
(1) Pascasarjana Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Pascasarjana Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Pascasarjana Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Pascasarjana Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.117544

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kepemimpinan seorang kepala sekolah melaksanakan pengambilan keputusan mengenai pelanggaran disiplin di SMP Negeri 40 Padang. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif, dalam bentuk studi kasus. Dalam penelitian ini kepala sekolah, pendidik serta  peserta didik menjadi narasumbernya. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Metode yang dipakai ialah triangulasi sumber. Temuan dari penelitian menyatakan 1) Proses pengambilan keputusan  kepala sekolah berdasarkan segi mengidentifikasi masalah mengenai pelanggaran tata tertib guru serta peserta didik yang mana hasil menunjukkan bahwasanya kepala sekolah menerapkan strategi dengan cara mengelompokkan pelanggaran yang dibuat mulai dari kategori ringan, sedang sampai berat lalu menentukan sanksi yang akan diberikan. Kemudian strategi berikutnya, 2) Pada proses pengambilan keputusan berdasarkan segi sebab terjadinya, yang mana kepala sekolah melihat apa yang menyebabkan pelanggaran itu terjadi. Dan yang terakhir 3) Proses pengambilan  keputusan berdasarkan dari segi dampaknya terhadap peserta didik dan guru, yang mana strategi yang diterapkan kepala sekolah ialah menjalin komunikasi dan sosialisasi sehingga guru dan peserta didik lebih disiplin lagi

Keywords


Pengambilan Keputusan; Kepemimpinan

References


Bashori, B. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus MAN Godean Sleman Yogyakarta). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 19–28.

Fahmi, I. (2011). Manajemen Pengambilan Keputusan Teori dan Aplikasi. Alfabeta.

Fatimah, M., Mardhiyah, A., & Azizah, I. N. (2021). Pentingnya Supervisi Untuk Pengembangan Staff di Madrasyah Ibtidaiyah Muhammadiyyah Juwiran Klaten. Mamba’ul’Ulum, 17(2), 19–26.

Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Perilaku dan Pengembangan Organisasi Pendidikan (Cross Cultural and Global Approaches to Change Management). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 582–587.

Hadiyanto. (2016). Teori dan Pengembangan Iklim Kelas dan Iklim Sekolah. Kencana.

Hartaningrat, I. K. A. (2017). Respon Peserta didik Terhadap Pemberian Hukuman Pada Peserta didik Yang Melanggar Disiplin DI SMA Kartika IV-3 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(01).

Marliana, Ayu, dan T. (2013). Strategi Sekolah Dalam Menangani Pelanggaran Tata Tertib Sekola Pada Peserta didik di SMPN 1 Papar Kediri. Jurnal Kajian Moran Dan Kewarganegaraan, Nomor. 1 V, 232–246.

Melayu, H. (2011). Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Ningsih, B. dan W. (2014). Peningkatan Disiplin. Peserta didik dengan Lawayan. Informasi Media Film. Jurnal Empati, Volume 1, 73–92.

Oktaviani, O., Adi, N., Gistituati, N., & Susanti, L. (2022). Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru di SMK N 1 Painan. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(3), 306–311.

Pasolong, H. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Alfabeta.

Thoha, M. (2012). Perilaku Organisasi:Konsep Dasar dan Aplikasinya. Rajawali Pers.

Wardi, I., & Adi, N. (2019). Pembinaan Disiplin Siswa Oleh Guru Di Smk Negeri 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 18–26.

Yandrizal, Rifma, Syahril, Refli Surya Barkara, N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, Volume 9 N.


Article Metrics

 Abstract Views : 586 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.