Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kepemimpinan seorang kepala sekolah melaksanakan pengambilan keputusan mengenai pelanggaran disiplin di SMP Negeri 40 Padang. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif, dalam bentuk studi kasus. Dalam penelitian ini kepala sekolah, pendidik serta  peserta didik menjadi narasumbernya. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Metode yang dipakai ialah triangulasi sumber. Temuan dari penelitian menyatakan 1) Proses pengambilan keputusan  kepala sekolah berdasarkan segi mengidentifikasi masalah mengenai pelanggaran tata tertib guru serta peserta didik yang mana hasil menunjukkan bahwasanya kepala sekolah menerapkan strategi dengan cara mengelompokkan pelanggaran yang dibuat mulai dari kategori ringan, sedang sampai berat lalu menentukan sanksi yang akan diberikan. Kemudian strategi berikutnya, 2) Pada proses pengambilan keputusan berdasarkan segi sebab terjadinya, yang mana kepala sekolah melihat apa yang menyebabkan pelanggaran itu terjadi. Dan yang terakhir 3) Proses pengambilan  keputusan berdasarkan dari segi dampaknya terhadap peserta didik dan guru, yang mana strategi yang diterapkan kepala sekolah ialah menjalin komunikasi dan sosialisasi sehingga guru dan peserta didik lebih disiplin lagi

Keywords


Pengambilan Keputusan; Kepemimpinan