Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin Jambi
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.117449
Full Text: Language : id
Abstract
Kinerja guru merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kualitas suatu pendidikan. Dari penelitian awal ditemukan bawa kinerja guru SD Negeri kecamatan pamenang Kabupaten Merangin tudak berjalan sebagimana semestinya. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan membahas Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru. Tiga hipotesis bahwa kepemimpinan Kepala sekolah Berpengaruh terhadap Kinerja Guru, iklim Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Guru dan kepemimpinan berpengaruh terhadap Kinerja Guru Melalui Iklim Sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, populasi penelitian ini sebanyak 180 Guru SD Negeri Kecamatan Pamenang, Kabupaten Meranngin, dimana 77 dari keseluruhannya terpilih sebaga sampel dengan menggunakan terknik stratified proportional random sampling. Data ketiga variabel diperiksa validitas dan realibilitas. Kumpulan data kemudian dianalisis secara statis dengan teknik Anlysis Path. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa lepemimpinan Kepala Sekolah secara signifikan berpengaruh 7,07% terhadap kinerja guru, iklim Sekolah secara signifikan berpengaruh sebesar 6,94% terhadap kinerja guru dan kepemimpinan Kepala sekolah berpengaruh terhadap Kinerja guru melalui Iklim sekolah secara signifikan sebesar 2,8%.
Keywords
References
Afridedi. (2010). Kontribusi motivasi kerja dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru SMP negeri Kecamatan Rao kabupaten pasaman. UNP.
Agus Salim, N. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah DalamMeningkatkan Kinerja Guru Di Sdn Kecamatan SamarindaIlir Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendas Mahakam. Mei 2018, Vol 3 (1)(1), 46–54. Retrieved from https://www.uwgm.ac.id
Anoraga, P. (2000). Psikologi kerja (rineka cip). jakarta.
Bahri, S., Bahri, S., Chik, J. T., Tiro, D., & Aceh, B. (2010). Saiful Bahri,Peranan Kepemimpinan Kepala... I, 30–39.
Buchori. (1989). Motivasi. Jakarta: Eralangga.
E. Mulyasa. (2012). manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Efrison. (2014). kontribusi iklim komunikasi dan pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Koto. Universitas Negeri Padang.
Gistituati, N. (2009). Menajemen pendidikan: Budaya dan Kepemimpinan organisasi (UNP Press). Padang.
Hadiyanto. (2004). Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT.Asdi Mahasarya.
Hadiyanto, H. (2019). Membantu Guru Meningkatkan Pendidikan Karakter Menuju Bangsa yang Beradab Melalui Perbaikan Iklim Kelas. https://doi.org/10.31227/osf.io/sgn9z
Handoko, T. . H. (2011). Manajemen personalia & Sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hasibun, H. M. (2006). manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Jerome, F. (1999). School Climate Measuring, Improving and sustaining Healthy Learning Environments. London.
Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), 243106.
Mangkunegara, anwar prabu. (2004). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT remaja Rosdakarya.
Miskel, H. and. (1987). Educational Adminstration. Theory, research, and pratice. Amerika: Random House.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Pratiwi, S. D. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru, dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri. JPIM: Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, Vol. 1, pp. 90–100. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jpim/article/view/16434
Rahman dkk. (2006). Peran Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan. Sumedang: Alqaprint Jatinagor.
Robbins.S.P dan Colter. (2014). management. USA: pearson Education.
Ruky, A. S. (2006). sistem manajemen kinerja. Jakarta: Gramedia Pustak aUtama.
Sagala, S. (2004). budaya dan reinventing organisasi pendidikan. Bandung: alfabeta.
Septiana, R. (2013). pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Wonosari. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. depok: Rajawali Pers.
Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. jakarta: kencana.
Timpe. (1993). Kinerja Guru (Seni Ilmu dan Manajemen Bisnis). jakarta: Granmedia.
Usman, H. (2008). manajemen; teori,praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, M. U. (2003). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan kepala sekolah, tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Zainun, B. (2005). Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara.
Article Metrics
Abstract Views : 874 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 312 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.