Abstract
Kinerja guru merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kualitas suatu pendidikan. Dari penelitian awal ditemukan bawa kinerja guru SD Negeri kecamatan pamenang Kabupaten Merangin tudak berjalan sebagimana semestinya. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan membahas Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru. Tiga hipotesis bahwa kepemimpinan Kepala sekolah Berpengaruh terhadap Kinerja Guru, iklim Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Guru dan kepemimpinan berpengaruh terhadap Kinerja Guru Melalui Iklim Sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, populasi penelitian ini sebanyak 180 Guru SD Negeri Kecamatan Pamenang, Kabupaten Meranngin, dimana 77 dari keseluruhannya terpilih sebaga sampel dengan menggunakan terknik stratified proportional random sampling. Data ketiga variabel diperiksa validitas dan realibilitas. Kumpulan data kemudian dianalisis secara statis dengan teknik Anlysis Path. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa lepemimpinan Kepala Sekolah secara signifikan berpengaruh 7,07% terhadap kinerja guru, iklim Sekolah secara signifikan berpengaruh sebesar 6,94% terhadap kinerja guru dan kepemimpinan Kepala sekolah berpengaruh terhadap Kinerja guru melalui Iklim sekolah secara signifikan sebesar 2,8%.