Strategi Komunikasi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan pada Implementasi Program e-supervisi Pengawas di Provinsi Sulawesi Barat
(1) Universitas Hasanuddin  Indonesia
(2) Universitas Hasanuddin  Indonesia
(3) Universitas Hasanuddin  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i1.116873
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Barat yang dipergunakan dalam mengimplementasikan program kerja sinergi tugas e-supervisi dengan mitra atau pengawas satuan pendidikan,dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen wawancara dan observasi data yang bersumber dari kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Barat , untuk mendapatkan data primer dan data sekunder dalam penelitian ini didapatkan dari hasil dokumentasi lapangan oleh peneliti.hasil penelitian menunjukan tentang strategi komunikasi yang yang dipergunakan dalam menginplementasikan program kerja sinergi tugas e-supervisi dengan pengawas satuan pendidikan. Teknik penentuan informan secara purposive,penarikan informan secara puposive merupakan teknik pengambilan data-data yang dilakukan dengan sengaja berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Proses penyampaian pesan yang dikakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Barat terkait dengan implementasi program sinergi tugas e-supervisi pada umumnya berbentuk diskusi kelompok hal ini dilihat dari beberapa model atau bentuk kegiatan yang telah direncanakan, pada implementasi program ini strategi komunikasi komunikasi kelompok yang dipergunakan terbilang efektif, diman hal ini di tunjang dengan perencanaan komunikasi yang telah disusun dengan baik untuk menunjang keberhasilan dari strategi komunikasi sehingga proses komunikasi dalam implementasi ini berjalan dengan baik.
Keywords
References
Cangara, H. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Cangara, H. (2017). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Dr.Iskandar Agung & Dra, Y. (2013). Pengembangan Pola Harmonis dan Sinergi Antara Guru,Kepala Sekolah dan Pengawas. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Efendy, D. U. (2003). Ilmu Theory dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Hardjana, A. (2016). Komunikasi Organisasi Startegi dan Kompetensi. Jakarta: PT.Kompas Media Nusantara.
Jasmani, A. (2013). Supervisi Pendidikan terobosan Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah Dan Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
liliweri, A. (2011). Komunikasi : Serba Ada Serba Makna . Jakarta: Bumi Aksara.
M.Arifin, B. d. (2017). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Teori dan Praktik. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Moleong. (1997). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda karya.
Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Mulyana, D. (2013). Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan Kombinasi (MIX METHODS). Bandung: Alfabeta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35 tahun 2017 tentang Rincian Tugas Unit Kerja di lingkungan Lembaga Penjaminan Mutu Sulawesi Barat,Papua Barat,Kepulauan Riau dan Kalimantan Utara.
Undang –Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Jurnal
Christa (2013).Startegi Komunikasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Dalam Mengurangi Jumlah Pengguna Narkoba Di Kota Samarinda.ejournal.ilkom.fisip-unmul.org Vol .1 No.1 2013
Herdiana Ayu Susanti (2015).Strategi Komunikasi Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).Jurnal aspikom Vol.2 No.4 2015
Article Metrics
Abstract Views : 353 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 144 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.