Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Barat yang dipergunakan dalam mengimplementasikan program kerja sinergi tugas e-supervisi dengan mitra atau pengawas satuan pendidikan,dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen wawancara dan observasi data yang bersumber dari kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Barat , untuk mendapatkan data primer dan data sekunder dalam penelitian ini didapatkan dari hasil dokumentasi lapangan oleh peneliti.hasil penelitian menunjukan tentang strategi komunikasi yang yang dipergunakan dalam menginplementasikan program kerja sinergi tugas e-supervisi dengan pengawas satuan pendidikan. Teknik penentuan informan secara purposive,penarikan informan secara puposive merupakan teknik pengambilan data-data yang dilakukan dengan sengaja berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Proses penyampaian pesan yang dikakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Barat terkait dengan implementasi program sinergi tugas e-supervisi pada umumnya berbentuk diskusi kelompok hal ini dilihat dari beberapa model atau bentuk kegiatan yang telah direncanakan, pada implementasi program ini strategi komunikasi komunikasi kelompok yang dipergunakan terbilang efektif, diman hal ini di tunjang dengan perencanaan komunikasi yang telah disusun dengan baik untuk menunjang keberhasilan dari strategi komunikasi sehingga proses komunikasi dalam implementasi ini berjalan dengan baik.