Analisis Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah

Ronny Walean(1), Yeane Koyongian(2),
(1) Universitas Klabat, Minahasa Utara  Indonesia
(2) Universitas Klabat  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i1.116867

Full Text:    Language : id

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai gaya kepemimpinan kepala sekolah. Metode peneltiian dalam artikel ini menggunakan systematic literature review dengan mengambil sumber dari 9 artikel jurnal penelitian empiris yang berasal dari jurnal nasional dan internasional. Tahapan penelitian ini dilakukan sebagai berikut identifikasi pertanyaan penelitian, mengembangkan protokol penelitian systematic review, menetapkan digital library sebagai wilayah pencarian, screening hasil penelitian yang relevan, memilih hasil penelitian yang berkualitas, ekstraksi data dari hasil studi individual, sintesis menggunakan meta-analisis atau meta-sintesis, penyajian hasil. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah berkontrisbusi positif dan berpengaruh secara signifikan pada variabel kepemimpinan situasional dengan iklim kerja dan kinerja guru

Keywords


Analisis; Gaya kepemimpinan situasional; Kepala sekolah,

References


Aisyafarda, J., & Sarino, A. (2019). Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi sebagai determinan kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 228–239.

Cooper, H. (2015). Research synthesis and meta-analysis: A step-by-step approach (Vol. 2). Sage publications.

Diwiyani, D., & Sarino, A. (2018). Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru sebagai determinan kinerja guru. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 17(1), 83–94.

Francisco, C. D. C., & Nuqui, A. V. (2020). Emergence of a Situational Leadership during COVID-19 Pandemic Called New Normal Leadership. International Journal of Academic Multidisciplinary Research (IJAMR), 4(10), 15–19.

Hadi, S., Tjahjono, H. K., & Palupi, M. (2019). Systematic Review: Meta Sintesis Untuk Riset Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Viva Victory Abadi, 127.

Hammond, N., & Perry, A. (2002). Systematic Reviews: the experiences of a PhD student. Psychology Learning & Teaching, 2(1), 32–35.

Kemendikbud. (n.d.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. Retrieved January 29, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/empat-pokok-kebijakan-merdeka-belajar

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita, 3(1).

Madinah, S. (2006). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 3(3), 319–326.

Mangkunegara, A. P., & Prabu, A. (2009). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mawardi, M. (2017). Efektivitas Sekolah di Kabupaten Aceh Tengah antara Kepemimpinan Situasional dan Budaya Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 104–113.

Munahar, S. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah, Upaya Meningkatkan Iklim Kerja Guru. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Purwanto, M. N. (2019). Administrasi dan supervisi pendidikan.

Rahmiyanti, H. Y. (2020). GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGAAAN (PPKN) PADA SMA NEGERI SE KABUPATEN BARITO KUALA. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2).

Sentana, I. K. J., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Resiliensi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 104–115.

Sopyan, S., Rubini, B., & Laihad, G. H. (2019). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KEPERCAYAAN PADA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 748–755.

Thomas, J., & Harden, A. (2008). Methods for the thematic synthesis of qualitative research in systematic reviews. BMC Medical Research Methodology, 8(1), 1–10.


Article Metrics

 Abstract Views : 1558 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 707 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.