Penerapan Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Covid 19 di DKI Jakarta

Fetrimen Fetrimen(1), Siti Saroh(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i1.116590

Full Text:    Language : id

Abstract


Proses pendidikan tidak boleh diberhentikan walaupun dunia mengalami kendala apapun seperti  adanya musibah pandemic covid 19 ini. Pendidikan tetap dilaksanakan dengan mengubah pola proses pembelajaran dari tatap muka ke pembelajaran secara daring, tidak kecuali pendidikan inklusi yang diterapkan pada peserta didik berkebutuhan khusus. Pendidikan inklusi diterapkan pada peserta didik yang memiliki kelainan, potensi kecerdasan dan bakat istimewa tanpa diskriminatif. Pendidikan inklusi dilaksanakan secara daring mengalami hambatan sesuai dengan tingkat pemahaman sekolah dan pengawasannya oleh dinas pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendidikan inklusi selama pandemic covid 19 dengan proses pembelajaran yang dilakukan secara daring dari rumah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dan kuantatif untuk memahami persentase penerapan pendidikan inklusi pada masa pandemic covid 19 di Lima Wilayah SD Negeri DKI Jakarta. Penelitian ini memanfaatkan berbagai strategi dan teknik menggunakan data kualitatif berdasarkan pada wawancara pada stakeholder sekolah seperti kepala sekolah, pendidik pendamping dan pendidik kelas. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh informasi tentang penerapan pendidikan inklusi bagi peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan pendidikan inklusi belum terlaksana secara optimal karena beberapa kriteria penerapan pendidikan inklusi belum maksimal karena adanya himbauan pemerintah untuk menjaga jarak dan berdiam diri di rumah. Interaksi antara pendidik pendamping dan pendidik kelas tidak dapat dilaksanakan secara langsung. Pendidik pendamping dan pendidik kelas hanya memperoleh informasi tentang proses pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus dari orang tua. Tingkat kesabaran orang tua dalam mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus juga menjadi penyebab belum maksimalnya penerapan pendidikan inklusi pada masa pandemic covid 19

Keywords


Covid 19; Inklusi; Pandemi; Pendidikan; Penerapan

References


Allan Allday R., Shelley Neilsen-Gatti, Tina M. Hudson. (2013). Preparation for Inclusion in Teacher Education Pre-Service Curricula. journals.sagepub.com/doi/10.1177/088840641349748

Angela Page, Jeanette Berman and Penelope Serow (2020). Parent and Teacher Attitudes Towards Inclusive Education in Nauru. Published online by Cambridge University Press

Angi Stone-MacDonald and Ozden H. Pinar-Irmak (2021). Inclusive Education and Cultural Relevance in East Africa. Published online by Cambridge University Press

Claudia Castillo Rodriguez and Nuria Garro-Gil. (2015). Inclusion And Integration on Special Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Permendiknas Nomor 70 tahun 2009 tentang Pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa. Jakarta: Direktorat Pembinaan PKLK Dikdas.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Direktorat PKLK Kementerian Pendiikan dan Kebudayaan.

Emilda Sulasmi and A. Akrim. (2020). Management Construction of Inclusion Education in Primary School. Talent Development & Excellence Vol.12, No.1, 2020, 334-342 ISSN 1869-0459 (print)/ ISSN 1869-2885 (online)

Franziska Felder. (2018). The Value of Inclusion. Journal of Philosophy of Education https://doi.org/10.1111/1467-9752.12280

Gauthier de Beco. (2017). The right to inclusive education: why is there so much opposition to its implementation? Published online by Cambridge University Press

Garnida, D. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Pt Reflika Aditama.

Haryono, G. N. (2013). Studi Evaluas Program Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Kabupaten Pontianak.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/645.

Ikramullah dan Akhmad Sirojuddin. (2020). Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam e-ISSN: On Process Volume 1, Issue. 2, 2020

Illahi., M. T. (2013). Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Imam Yuwono, Mirnawati Mirnawati. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 4 Tahun 2021 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Jane Warren, Elena P. Soukakou, John Forster, Lai-Thin Ng and Evdoxia Nteropoulou-Nterou. (2021). Small Steps: The Inclusion of Young Children with Disabilities in Australia, Greece, and Malaysia. Published online by Cambridge University Press

Lani Florian and Donatella Camedda. (2020). Enhancing Teacher Education For Inclusion. European journal of Teacher Education.

Marian Patricia Bea Francisco, Maria Hartman, and Ye Wang. (2020). Inclusion and Special Education. Education sciences Educ. Sci. 2020, 10, 238; doi:10.3390/educsci10090238 https://www.mdpi.com/2227-7102/10/9/238

Mel Ainscow. (2020). Promoting inclusion and equity in education: lessons from international experiences. Nordic Journal of Studies in Educational Policy.

Nadia Ramona, & Supriatna, N. (2021). Historical Literacy as Strengthening Character Education. Proceedings of the 6th International Conference on Education & Social Sciences (ICESS 2021), 578(Icess), 224–231. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210918.042

Robiatul Munajah, Arita Marini dan Mohamad Syarif Sumantri (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu

Rodhiyah Nur Isnaini. (2020). Peran Kita Terhadap Pendidikan Inklusi. https://dew.web.id/tag/pendidikan-inklusi/desember 2020

Sahudra, T. M., Nurmasytah, N., & Nursamsu, N. (2020). Application of E-Learning Learning Media with Schoology on Character Education. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, 3(3), 2255–2261. http://bircu journal.com/index.php/birci/article/view/1158

Siska Angreni dan Rona Taula Sari. (2020). Identifikasi Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Sumatera Barat. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 7 No. 2, Desember 2020, p-ISSN: 2407-2451, e-ISSN: 2621-0282 DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i2a4.2020

Susan Carter andLindy-Anne Abawi. (2018). Leadership, Inclusion, and Quality Education for All Published online by Cambridge University Press

Suyanto dan Mudjito. (2012). Masa Depan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Syaiful Bahri. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Research & Learning in Education https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Teresa Iacono, Carol McKinstry, Elena Wilson, Kerryn Bagley and Amanda Kenny. (2019). Designing and Rating Options for Special School Expertise to Support Mainstream Educational Inclusion. Published online by Cambridge University Press

Tracey Quick, Beth Flatley, Claire Sellwood, Oishee Alam and Ildi Vukovich. (2021). A Model of Inclusion for Children with Disability in NSW Community Preschools. Published online by Cambridge University Press


Article Metrics

 Abstract Views : 2100 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 611 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.