Abstract
Proses pendidikan tidak boleh diberhentikan walaupun dunia mengalami kendala apapun seperti adanya musibah pandemic covid 19 ini. Pendidikan tetap dilaksanakan dengan mengubah pola proses pembelajaran dari tatap muka ke pembelajaran secara daring, tidak kecuali pendidikan inklusi yang diterapkan pada peserta didik berkebutuhan khusus. Pendidikan inklusi diterapkan pada peserta didik yang memiliki kelainan, potensi kecerdasan dan bakat istimewa tanpa diskriminatif. Pendidikan inklusi dilaksanakan secara daring mengalami hambatan sesuai dengan tingkat pemahaman sekolah dan pengawasannya oleh dinas pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendidikan inklusi selama pandemic covid 19 dengan proses pembelajaran yang dilakukan secara daring dari rumah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dan kuantatif untuk memahami persentase penerapan pendidikan inklusi pada masa pandemic covid 19 di Lima Wilayah SD Negeri DKI Jakarta. Penelitian ini memanfaatkan berbagai strategi dan teknik menggunakan data kualitatif berdasarkan pada wawancara pada stakeholder sekolah seperti kepala sekolah, pendidik pendamping dan pendidik kelas. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh informasi tentang penerapan pendidikan inklusi bagi peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan pendidikan inklusi belum terlaksana secara optimal karena beberapa kriteria penerapan pendidikan inklusi belum maksimal karena adanya himbauan pemerintah untuk menjaga jarak dan berdiam diri di rumah. Interaksi antara pendidik pendamping dan pendidik kelas tidak dapat dilaksanakan secara langsung. Pendidik pendamping dan pendidik kelas hanya memperoleh informasi tentang proses pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus dari orang tua. Tingkat kesabaran orang tua dalam mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus juga menjadi penyebab belum maksimalnya penerapan pendidikan inklusi pada masa pandemic covid 19
Keywords
Covid 19; Inklusi; Pandemi; Pendidikan; Penerapan