Analisis Activity Besed Costing unit cost SMA pasca covid 19
(1) Universitas Singaperbangsa, Karawang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i1.116579
Full Text: Language : id
Abstract
Artikel ini mendeskripsikan hasil analisis Activity based costing unit cost SMA pada zona merah pasca pandemic Covid-19. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan di salah satu sekolah menengah atas pada daerah dengan status zona merah. Participant dalam penelitian ini dipilih berdasarkan asumsi pemahamannya terhadap objek kajian penelitian, yaitu kepala sekolah, benadahara, pengurus komite sekolah, beberapa orang tua, dan beberapa guru. Data yang digunakan dalam penelitian ini terkait dengan dokumen perencanaan keungan sekolah, program sekolah, profil sekolah, dan laporan realisasi perencanaan keuangan sekolah. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif mengikuti tahapan pada metode analysis Activity based costing. Hasil penelitian menunjukkan dari sepuluh aktivitas cost pool, aktivitas pembelajaran dan ekstrakurikuler memperoleh porsi pembiayaan terbesar. Hal ini dapat dilakukan karena bantuan sumber dana dari public community: komite sekolah dan orang tua siswa. Selama pandemi Covid-19 sumber pembiayaan sekolah hanya berasal dari pemerintah. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan unit cost yang sangat signifikan sehingga terjadinya beberapa perubahan pada aktivitas cost pool yang juga disebabkan oleh peniadaan beberapa aktivitas pembelajaran tatap muka di sekolah.
Keywords
References
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan.
Cellini, S. R., & Kee, J. E. (2015). Cost-Effectiveness And Cost-Benefit Analysis. In Handbook Of Practical Program Evaluation: Fourth Edition. Https://Doi.Org/10.1002/9781119171386.Ch24
Cokins, G., & Lawson, R. (2006). Statements On Management Accounting Implementing Activity-Based Costing Statements On Management Accounting Implementing Activity-Based Costing. Statments On Management Accountings.
Daniel, S. J. (2020). Education And The Covid-19 Pandemic. Prospects. Https://Doi.Org/10.1007/S11125-020-09464-3
Dewi, R., & Dalimunthe, M. B. (2017). Peningkatan Income Generate Melalui Unit Usaha Counceling Centre Berbasis Intelektual Kampus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Https://Doi.Org/10.24114/Jpkm.V23i2.7027
Dronkers, J., & Robert, P. (2008). Differences In Scholastic Achievement Of Public, Private Government-Dependent, And Private Independent Schools: A Cross-National Analysis. Educational Policy. Https://Doi.Org/10.1177/0895904807307065
Farzad. (2010). Activity-Based Costing In The Public Sector. Journal Of Social Sciences. Https://Doi.Org/10.3844/Jssp.2010.376.382
Fauzi, A. (2017). Manajemen Dana Dan Sumber Dana Pondok Pesantren. Tasyri’.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (Ijes). Https://Doi.Org/10.31605/Ijes.V2i2.659
Hamdani, M. R. & A. (2019). Penentuan Anggaran Bos Berdasarkan Jumlah Siswa Terhadap Pelayanan Pembelajaran Yang Berkeadilan Di Sekolah. Retrieved From Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/108935-Id-Penentuan-Anggaran-Bos-Berdasarkan-Jumla.Pdf
Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2006). Cost Managment Accounting & Control. In Manager.
Hanushek, E. A., & Woessmann, L. (2012). Do Better Schools Lead To More Growth? Cognitive Skills, Economic Outcomes, And Causation. Journal Of Economic Growth. Https://Doi.Org/10.1007/S10887-012-9081-X
Hastings, J. S., Madrian, B. C., & Skimmyhorn, W. L. (2013). Financial Literacy, Financial Education, And Economic Outcomes. Annual Review Of Economics. Https://Doi.Org/10.1146/Annurev-Economics-082312-125807
Hastuti, M., Yamin, M., & Hakim, L. (2018). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah Sma Negeri 10 Tanjung Jabung Timur. Innovatio: Journal For Religious Innovation Studies. Https://Doi.Org/10.30631/Innovatio.V18i2.45
Heyneman, S. P., & Stern, J. M. B. (2014). Low Cost Private Schools For The Poor: What Public Policy Is Appropriate? International Journal Of Educational Development. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijedudev.2013.01.002
Hidayah, I., Susilowati, E., & Sukirman. (2014). Analisis Pembiayaan Pendidikan Smk Di Kota Semarang. Riptek.
Homburg, C. (2001). A Note On Optimal Cost Driver Selection In Abc. Management Accounting Research. Https://Doi.Org/10.1006/Mare.2000.0150
Ibrohim, B. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Strategi Alternatif Dalam Persaingan Mutu. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Https://Doi.Org/10.32678/Tarbawi.V4i01.836
Kaiser, T., & Menkhoff, L. (2017). Does Financial Education Impact Financial Literacy And Financial Behavior, And If So, When? World Bank Economic Review. Https://Doi.Org/10.1093/Wber/Lhx018
Kaplan, R. S., & Anderson, S. R. (2007). Time-Driven Activity-Based Costing: A Simpler And More Powerful Path To Higher Profits. Harvard Business School Press Books. Https://Doi.Org/10.1080/09638180701814171
Kemendikbud. (2013). Uu Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Kemendikbud.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia.
Lewis, W. A. (2013). The Theory Of Economic Growth. In The Theory Of Economic Growth. Https://Doi.Org/10.4324/9780203709665
Maman Rusmana & Agus Hamdani. (2020). Arti Zona Hitam Dan Berbagai Kode Warna Dalam Pandemi Covid-19. Retrieved From Https://Health.Detik.Com/Berita-Detikhealth/D-5092291/Arti-Zona-Hitam-Dan-Berbagai-Kode-Warna-Dalam-Pandemi-Covid-19
Masditou. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu. Jurnal Ansiru Pai.
Novarese, M., & Di Giovinazzo, V. (2018). Financial Education. In Encyclopedia Of Law And Economics. Https://Doi.Org/10.1007/978-1-4614-7883-6_713-1
Olaniyan, D. A., & Okemakinde, T. (2008). Human Capital Theory: Implications For Educational Development. European Journal Of Scientific Research.
Purnomo, D. (2015). Pembiayaan Pendidikan. Pendidikan Ekonomi.
Saberan, R., & Susilawati, E. (2019). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Lentera: Jurnal Pendidikan. Https://Doi.Org/10.33654/Jpl.V14i2.849
Sahlberg, P. (2006). Education Reform For Raising Economic Competitiveness. Journal Of Educational Change. Https://Doi.Org/10.1007/S10833-005-4884-6
Scheerens, J., Luyten, H., & Van Ravens, J. (2011). Measuring Educational Quality By Means Of Indicators. Https://Doi.Org/10.1007/978-94-007-0926-3_2
Usman, J. (2017). Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.19105/Tjpi.V11i2.1170
Winarsih, S. (2019). Kebijakan Dan Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. International Conference Of Moslem Society. Https://Doi.Org/10.24090/Icms.2016.2409
Xiao, J. J., & Porto, N. (2017). Financial Education And Financial Satisfaction. International Journal Of Bank Marketing. Https://Doi.Org/10.1108/Ijbm-01-2016-0009
Zamroni, Aula Ahmad Hafidh, Sri Sumardiningsih, M. (2020). Estimasi Anggaran Pendidikan Dasar Melalui Penghitungan Unit Costguna Mewujudkan Pendidikan Terjangkau Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Retrieved From Http: // Staffnew. Uny.Ac.Id/Upload/132318131/Penelitian/Estimasi+Anggaran+Pendidikan+Dasar+Melalui+Penghitungan+Unit+Cost+Guna+Mewujudkan+Pendidikan+Terjangkau+Di+Daerah+Istimewa+Yogyakarta.Pdf
Article Metrics
Abstract Views : 199 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 92 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.