Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan inovasi pendidikan di Sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi
(1) Universitas Jambi  Indonesia
(2) Universitas Jambi  Indonesia
(3) Universitas Jambi  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115679
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan inovasi pendidikan serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan inovasi pendidikan di Sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 25 informan, yaitu: 5 informan utama yang terdiri dari kepala sekolah dan 20 informan pendukung yang terdiri dari wakil kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan inovasi pendidikan di Sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi Jambi adalah: Meningkatkan dan mendukung proses belajar mengajar: Meningkatkan pelaksanaan pembelajaran, menciptakan budaya sekolah positif yang dapat mendorong warga sekolah untuk proaktif dan kreatif, menetapkan kebijakan yang dapat diterima oleh warga sekolah dan sesuai dengan nilai budaya dan tradisi masa kini, mendukung dan meningkatkan komitmen, dan kapasitas (skill dan knowledge) sehingga profesional, loyal pada institusi dan bekerja keras, memberdayakan guru dan pegawai agar mereka mengenali kemampuan, memotivasi, memperkuat, membimbing, dan memfasilitasi staf dan seluruh warga sekolah yang berada di bawah arahan kepala sekolah, meningkatkan atau memperluas kegiatan dan jejaring sosial sekolah. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat inovasi pendidikan di Sekolah Islam Terpadu Nurul 'Ilmi Jambi adalah: kerjasama dengan semua pihak yang berkepentingan dan sesuai dengan visi misi sekolah.
Keywords
References
Day, Christopher. P. Sammons, K. Gorgen. 2011. Successful school leadership. University of Nottingham: Education Development Trust.
Fatimah, I F, Rida, N, dan Mansyur, AS. 2021. Strategi Inovasi Kurikulum: Sebuah Tinjauan Teoretis. EDuteach: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran. 2 (1). 2021: 16 – 30
Hidayat, Ara. dan Imam Machali, (2010). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa.
Fatikah, Noor, Fildayanti. 2019. Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sma Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES). 2 (2): 167. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/ijies/article/view/989/585
Kadi, T. 2017. Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara. 01 (02). http: Journal homepage: www.jurnalnu.com
Kolzow, DR. 2014. Leading From Within: Building Organizational Leadership Capacity. Authored by: David R. Kolzow.
Kristiawan, M, Nur, R. 2018. Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. 3 (2): 373 – 390. http://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/
Kristiawan, Muhammad, dkk. 2018. Inovasi Pendidikan. Jawa Timur: Wade Grup
Leon, CR, Folch, MT. 2020. Journal of Educational Sciences, XXI. The organizational culture of innovative schools: The role of the Principal. 2 (42). DOI: 10.35923/JES.2020.2.02
Kamaruddin, Djailani, A.R, Murniati, A.R. 2014. Efektivitas Pemberdayaan Guru Sekolah Unggul di Kota Sabang. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. https://media.neliti.com/media/publications/94354-ID-efektivitas-pemberdayaan-guru-sekolah-un.pdf
Ibrohim, I. dkk. 2021. Educational Innovation In Developing Quality Management Muhammadiyah Best Elementary School Bandung. 10 ( 1): 9-24. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/article/view/7003
Napis, A D, Noor, NA. 2021. . Pengaruh Kepemimpinan Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Sdn 04 Durikosambicengkareng Jakarta Barat . Jurnal Inovasi Penenelitian (JIP). 2 (1). https://stp-mataram.e-journal.id.
Putri, H, Fitria, H, Fitriani, Y. 2021. Headmaster Strategies in Improving Teacher Competencies in the Digital Age. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Proceedings of the International Conference on Education Universitas PGRI Palembang (INCoEPP). 565 . Headmaster Strategies in Improving Teacher Competencies in the Digital Age.pdf
Ratiwi, D . R, Sumani, W. 2020. Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Kognitif. Seminar Nasional Pascasarjana 2020: ISSN: 2686 6404 .
Rashid, K. Madeeha, MH. Amna, M. 2021. Leadership and Innovation in a School Culture: How can a leader bring about innovation in the School culture?. Journal of Elementary Education. 21 (1): 67-75. http://pu.edu.pk/images/journal/JEE/PDF-Files/6
Sallis, Edward. (1993). Total Quality Management in Education. New Jersey: Prentice-Hal. Inc
Suswandari, W. Januari-Juni 2019. Cooperative Learning: Strategi Pengembangan Inovasi Pendidikan Di Indonesia. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. 01 (01). http://627-Article%20Text-1638-1-10-20210530.pdf
Thapanee , Seechaliao. 2017. Instructional Strategies to Support Creativity and Innovation in Education. Journal of Education and Learning. 6 ( 4): 1927-5250. At Instructional Strategies to Support Creativity and Innovation in.pdf
Widodo, W, Heru, S. 2020. Strategi Pemberdayaan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 7 (1): 7-12
Pearson Education.
Yuliana. 2019. Inovasi Pembelajaran Melalui Teknologi Informasi: Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Internet. Jurnal Islamic Education Manajemen. 4 (1): 119-132. (2019. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema
Article Metrics
Abstract Views : 1347 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 477 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.