Model bimbingan kelompok berbasis daring (online) meningkatkan konsep diri positif siswa SMA
(1) IKIP PGRI Pontianak  Indonesia
(2) IKIP PGRI Pontianak  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115646
Full Text: Language : id
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui 1) Mendiskripsikan kondisi objektif pelaksanaan bimbingan kelompok di SMA dan mengetahui tingkat konsep diri positif siswa di SMA, 2) Menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis daring (online) untuk meningkatkan konsep diri positif siswa di SMA, 3) Mendeskripsikan hasil uji coba model bimbingan kelompok berbasis daring (online) untuk meningkatkan konsep diri positif siswa di SMA, 4) Mengetahui efektivitas model bimbingan kelompok berbasis daring (online) untuk meningkatkan konsep diri positif siswa di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan langkah penelitian 1) Tahap studi pendahuluan; 2) Perencanaan; 3) Tahap pengembangan model hipotetik; 4) penelaahan model hipotetik, 5) uji lapangan, 6) uji akhir produk. Sampel 10 orang siswa SMA dipilih secara purposif sampling. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa skala konsep diri positif siswa diperoleh data awal 5 siswa (14.41%) tinggi, 23 siswa (62.16%) sedang, 6 siswa (15.31%) kurang, dan 3 siswa (8.10%) dengan rendah. Penjelasan diatas dapat diasumsikan bahwa konsep diri positif siswa berada pada kategori “sedang” serta perlu ditingkatkan. Simpulan setelah diberikan perlakuan terhadap subyek yang diteliti maka didapat perbedaan skor evaluasi awal (160,2 poin) dan evaluasi akhir (217,7 poin), dimana ada peningkatan skor konsep diri positif siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis daring (online) dengan peningkatan sebesar 56,6 poin atau sama dengan 20,21%.
Keywords
References
Adi. W Gunawan. 2015. Born To Be Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Bimo Walgito. 2005. Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: Andi Offset.
Hadi, S. 2004. Metodologi Reasearch. Yogyakarta: Andi Offset
Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. In Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial (pp. 280-286).
Ibrahim, I. (2021). Emotional Intelligence and Self Efficacy as A Contributor of Student Mathematics Learning Outcomes. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 12(2), 109-126.
Margareta, R. K., & Putri, B. D. N. Model bimbingan kelompok dalam teknik layanan diskusiuntuk meningkatkan percaya diri peserta didikdi kelas xi. Iis 3 sma negeri 2 sipora utarakabupaten kepulauan mentawai.
Mayaza dan Supradewi. 2011. Konsep Diri dan Kebersamaan Hidup pada Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Proyeksi. Vol. 6 (2) hal 103-112.
Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES Press
Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 59-72.
Safitri, F. H., & Ahmad, R. (2021). Self-Concept of Teens Living in an Orphanage. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 60-67.
Wahyudi, R., & Kasih, F. (2021). Model Rancangan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Role Playing dalam Membantu Pencapaian Tugas Perkembangan Peserta Didik (Studi Deskriptif Analisis kelas XI IPS 1 di SMAN 2 Padang Panjang). PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(1), 14-21.
Yusuf, R. N., Musyadad, V. F., Iskandar, Y. Z., & Widiawati, D. (2021). Implikasi Asumsi Konsep Diri Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1144-1151.
Article Metrics
Abstract Views : 378 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.