Gaya Kepemimpinan Sebagai Determinan Perilaku Kepala Sekolah dalam Melakukan Supervisi Instruksional

Ronny Walean(1), Yeane Koyongian(2),
(1) Universitas Klabat, Minahasa Utara  Indonesia
(2) Universitas Klabat, Minahasa Utara  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115414

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai faktor determinan perilakukannya dalam memberikan supervise instruksional. enelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan terhadap perwakilan tiga sekolah dasar di Kabupaten Minahasa Kecamatan Tondano Utara. Guru dan kepala sekolah ditetapkan sebagai informan dalam penelitian ini. Penetapan informan dalam penggalian data dari informan penelitian ini dilakukan dengan Teknik snowball sampling. Wawancara dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data terkait dengan gaya kepemimpinan dan supervise instruksional yang dilakukan kepala sekolah. Triangulasi lintas waktu dan metode dilakukan untuk memastikan data yang diperoleh valid dan konsisten. Wawancara dan observasi dilakukan secara random untuk mengkonformasi keabsahan data yang diperoleh. Analisis data dilakukan secara induktif naratif dengan Analisis kualitatif dilakukan dengan mengacu pada tahapan analisis data kualitatif yang diperkenalkan oleh Miles dan Huberman, yaitu: data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakteristik kepemimpinan yang dimiliki kepala sekolah mempengruhi hampir seluruh bidang kerja yang dilakukan kepala sekolah. Gaya kepemimpinan yang dimiliki kepala sekolah mempengaruhi berhubungan erat dengan perilakunya dalam memberikan supervisi kepada guru. Supervise adalah contoh kongkrit yang langsung menunjukkan bentuk hubungan atau interaksi yang dapat diamati dari aktivitas pelaksanaan tugas kepala sekolah yang mengindikasi gaya kepemimpinannya. Guru menginginkan kepala sekolah memahami persoalannya dengan baik, mendengarkan guru dengan seksama, dan memberi kenyaman secara psikologis dengan komunikasi yang hangat. Disarankan kepada kepala sekolah meningkatkan skill kepemimpinan untuk memahami setiap guru dan menyesuaikan gaya kepemimpinan dengan karakteristik guru. Komunikasi yang efektif menjadi kunci dalam memahami situasi guru dan membangun iklim supervise yang kondusif.


Keywords


Gaya; Instruksional; Kepala Sekolah; Kepemimpinan; Perilaku; Supervisi

References


Ali, S., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Blase, J., & Blase, J. (2000). Effective instructional leadership. Journal of Educational Administration, 38(2). https://doi.org/10.1108/09578230010320082

Clariño, J. L. (2020). Organizational Support, Instructional and Professional Competencies of Master Teachers A Theory. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 4(6), 42–59. www.ijtsrd.com/papers/ijtsrd33271.pdf%0Ahttps://www.ijtsrd.com/management/other/33271/organizational-support-instructional-and-professional-competencies-of-master-teachers-a-theory/jean-l-clariño

Comfort, A. (2017). Academic supervision as a correlate of students ’ academic performance in secondary schools in Ekiti. 4(1), 8–13.

Contreras Torres, F. V., & Castro Ríos, G. A. (2013). Leadership, power and, organizational mobilization. Estudios Gerenciales, 29(126). https://doi.org/10.1016/S0123-5923(13)70021-4

Dr. Farah Naz, & Surryia Rashid. (2021). Effective Instructional Leadership can Enhance Teachers’ Motivation and Improve Students’ Learning Outcomes. Sjesr, 4(1). https://doi.org/10.36902/sjesr-vol4-iss1-2021(477-485)

Hayes, D., Christie, P., Mills, M., & Lingard, B. (2004). Productive leaders and productive leadership: Schools as learning organisations. Journal of Educational Administration, 42(5). https://doi.org/10.1108/09578230410554043

Hou, Y., Cui, Y., & Zhang, D. (2019). Impact of instructional leadership on high school student academic achievement in China. Asia Pacific Education Review, 20(4). https://doi.org/10.1007/s12564-019-09574-4

Karia, N., & Abu Hassan Asaari, M. H. (2019). Leadership attributes and their impact on work-related attitudes. International Journal of Productivity and Performance Management, 68(5). https://doi.org/10.1108/IJPPM-02-2018-0058

Keleş, H. N., Atay, D., & Karanfıl, F. (2020). Instructional Leadership Behaviors of School Principals During the Covid 19 Pandemic Process. Milli Egitim, 49(1), 155–174. https://doi.org/10.37669/milliegitim.787255

Kusmintardjo. (2014). Kepemimpinan Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah. Manajemen Pendidikan, 24(3).

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, Kepemimpinan Spiritual, Budaya Sekolah, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p198

La-ait, A., Sirisak, A., Paitoon, S., & NaKhonchai, C. (2020). Developing indicators of creative and productive leadership for basic education school administrators. Educational Research and Reviews, 15(5). https://doi.org/10.5897/err2020.3933

Liana, L., Basiya, R., & Kuntari, K. (2021). Peran Supervisi Akademik Sebagai Pemoderasi Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik Dan Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi, Manajemen Akuntansi Dan Perpajakan (Jemap), 4(1), 88. https://doi.org/10.24167/jemap.v4i1.3183

Marion, R. (2013). Organizational leadership and complexity mechanisms. The Oxford Handbook of Leadership, January 2013.

Mart, Ç. T. (2013). A Passionate Teacher : Teacher Commitment and Dedication to Student Learning. 2(1), 437–442.

Mohammed, Y., Yusuf, A., & Mbitsa, I. M. (2015). Relevance of Instructional Supervision in the Effective Teaching and Learning in Nigeria Universal Basic Education School System. 5(4), 22–26. https://doi.org/10.9790/7388-05432226

Nobakht, M., Ebrahimi, M., Babaee, M., & Davar, S. (2017). Identifying productive leadership model to increase employees’ job motivation. International Review, 3–4. https://doi.org/10.5937/intrev1704057n

Okorji, P. N., & Ogbo, R. N. (2013). Effects of Modified Clinical Supervision on Teacher Instructional Performance. 4(6), 901–905.

Rifma, Alkadri, H., & Ermita. (2019). Supervision Service Practices by School Principals and Impacts towards the Implementation of Teacher Duties in Primary Schools. https://doi.org/10.2991/picema-18.2019.9

Russamsi, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dan Pengembangan Diri Pendidik Terhadap Kinerja Guru Masa Pandemi COVID-19 (Penelitian di SD Asy-Syifa 2 Antapari Kota Bandung). In Tesis.

Shukla, S. (2014). Teaching Competency , Professional Commitment and Job Satisfaction-A Study of Primary School Teachers. 4(3), 44–64.

Stiggins, R., & Duke, D. (2008). Effective instructional leadership requires assessment leadership. Phi Delta Kappan, 90(4). https://doi.org/10.1177/003172170809000410

Surace, A. (2019). Complexity and leadership: the case of a military organization. International Journal of Organizational Analysis, 27(5). https://doi.org/10.1108/IJOA-12-2018-1614

Surachmi, S. (2012). Kajian efektivitas perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(1).

Tesfaw, T. A., & Hofman, R. H. (2014). Relationship between instructional supervision and professional development. International Education Journal.

Tsakeni, M., Munje, P. N., & Jita, L. C. (2020). Instructional leadership sensemaking for science and maths in south african multi-deprived middle schools. Issues in Educational Research, 30(1).

Wahab, J. A., Mansor, A. Z., Hussin, M., & Kumarasamy, S. (2020). Headmasters’ instructional leadership and its relationship with teachers performance. Universal Journal of Educational Research, 8(11 A). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082112

Wahyudi, Bella Ghia Dimmera, A. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Produktivitas Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 5(2), 1–15.

Walzer, M. (2012). Moral Education, Democratic Citizenship, and Religious Authority. In Journal of Law, Religion and State (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.1163/221248112X638172


Article Metrics

 Abstract Views : 334 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.