Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Supervisi Akademik oleh Kepala SMA Katolik Kota Manado Sulawesi Utara
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(4) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115406
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan persepsi guru terhadap efektivitas supervise akademik yang dilakukan kepala sekolah di SMA Katolik Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah 52 guru SMA Katolik Kota Manado Sulawesi Utara. Instrument yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa angket menggunakan skala likert dengan lima laternatif jawaban: sangat efektif (SE), efektif (E), cukup efektif (CE), kurang efektif (KE), dan tidak efektif (TE). Butir angket dikembangkan dengan mengacu pada indicator supervise akademik yaitu: (a) membimbing guru dalam menyusun silabus, (b) membimbing guru dalam memlikih dan menggunakan strategi, metode, dan teknik pembelajara, (c) membimbing guru dalam menyusun RPP, (d) membimbing guru dalam melaksanakan PBM, (e) membimbing guru dalam menggembangkan dan menggunakan media/fasilitas pembelajaran. Dan (f) memotivasi guru memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan uji statistic sederhana menggunakan rumus rata-rata persentase. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru tentang supervise akademik yang dilakukan kepala sekolah SMP Katolik Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara berada pada kategori cukup efektif karena hanya 5,32% guru yang menyatakan sangat efektif dan 15,47% guru menyatakan efektif, sedangkan 48,30% guru menyatakan cukup efektif, 24,79% guru menyatakan kurang efektif, dan 6,13% guru menyatakan tidak efektif. Indikator yang yang dinyatakan tidak efektif adalah yaitu memotivasi guru menggunakan teknologi informasi dalam PBM. Hal ini harus mendapat perhatian utama dari kepala sekolah dan pengawas karena berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran.
Keywords
References
Dangara, Y. (2015). The Impact Of Instructional Supervision On Academic Performance Of Secondary School Students In Nasarawa State ,. Journal Of Education And Practice.
Desimone, L. M., & Pak, K. (2017). Instructional Coaching As High-Quality Professional Development. Theory Into Practice. Https://Doi.Org/10.1080/00405841.2016.1241947
Gistituati, N., & Suyuthie, H. (2018). Management And Supervision Competences Of State Elementary School Principals. Https://Doi.Org/10.2991/Icei-17.2018.68
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2017). Supervision And Instructional Leadership: A Developmental Approach [8th Edition] Pdf. Undefined-Undefined. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/9f965439-0d65-3f09-Bb7f-5041691be6dc/
Gloria, N., Nonye, C., & Gloria, N. (2016). The Impact Of Supervision Of Instruction On Teacher Effectiveness In Secondary Schools In Nigeria. 3(3).
Jelagat Yego, S., Amimo, C., & Mendoza-Role, E. (2020). Relationship Between Instructional Supervision And Teacher’s Performance Among Public Secondary Schools In Nandi North Sub-County, Kenya. East African Journal Of Education And Social Sciences, 1(2), 90–97. Https://Doi.Org/10.46606/Eajess2020v01i02.0024
Karnati, N. (2019). Academic Supervision To Improve The Competence Of Elementary School Teachers. Australasian Journal Of Educational Technology, 35(1), 36–46.
Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains And Technology). Https://Doi.Org/10.30743/Best.V1i2.788
Mart, Ç. T. (2013). Commitment To School And Students. 3(1), 336–340.
Nazaré, M. De, & Trigo, C. (2013). Supervision And Evaluation : Teachers ’ Perspectives. 3(5), 65–71.
Nurdiansyah, A. S. (2017). Profesionalisme Guru Dan Tantangan Kedepan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Era Global. 180, 180–190. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/D53733d1-B443-37a2-A198-F154e83150d2/
Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Rineka Cipta.
Prasetya, H. Y., Aedi, N., & Nurdin, N. (2020). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Komitmen Kerja Guru Terkait Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 116–124. Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V27i1.24407
Rifma. (2019). Supervision Service Practices By School Principals And Its Impacts Towards The Implementation Of Teacher Duties In Primary School. Proceedings Of The Padang International Conference On Education Management And Administration (Picema). Https://Doi.Org/Isbn. 978-94-6252-773-7
Rifma, R., Alkadri, H., Ermita, E., & Meizatri, R. (2019). Teacher Prototype For Supervision Services Effectiveness. Https://Doi.Org/10.2991/Icet-19.2019.110
Saiful Bahri. (2014). Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Visipena Journal. Https://Doi.Org/10.46244/Visipena.V5i1.236
Sarfo, F. K., & Cudjoe, B. (2016). Supervisors ’ Knowledge And Use Of Clinical Supervision To Promote Teacher Performance. 4(1), 87–100.
Starrat, T. J. S. R. J. (1983). Supervision Human Perspectives. Mcgraw-Hill.
Sumarsono, R. B. (2015). Profesionalitas Kepala Sekolah & Jaminan Mutu Pendidikan. In Tersedia Secara Online Di: Http://Ap. Fip. Um. Ac. Id ….
Suparman, S. (2016). Peranan Perguruan Tinggi (Lptk) Dalam Mewujudkan Tenaga Pendidik Yang Profesional. 3(2), 1–476. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/D0b22121-14ea-3c1a-89a9-C4ff45283eec/
Undefined, & Gordon, S. (2019). Educational Supervision: Reflections On Its Past, Present, And Future. Journal Of Educational Supervision, 2(2), 27–52. Https://Doi.Org/10.31045/Jes.2.2.3
Veloo, A., Komuji, M. M. A., & Khalid, R. (2013). The Effects Of Clinical Supervision On The Teaching Performance Of Secondary School Teachers. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 93, 35–39. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2013.09.148
Wahid, H. (2014). Pengaruh Supervisi Dan Dukungan Tugas (Task Support) Terhadap Organizational Citizenship Guru Smp Negeri Di Kabupaten Halmahera Selatan Provisi Maluku Utara. Manajemen Pendidikan, 5(1).
Yusuf, M., & Jamali, Y. (2019). Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan. Https://Doi.Org/10.32923/Kjmp.V2i1.979
Article Metrics
Abstract Views : 311 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 63 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.