Refleksi Pemahaman Kepala Sekolah Tentang Supervisi dan Dampaknya Terhadap Praktik-Praktik Supervisi di Sekolah
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(4) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115404
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian bertujuan memaparkan gambaran praktik-praktik supervise yang dilakukan kepala sekolah sebagai hasil dari pemahamannya terhadap konsep pelaksanaan supervisi serta menganalisis dampaknya terhadap kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dan pengembangan professional guru. Penelitian dilakukan pada salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Tandano Barat, Kabupaten Minahasa Provisinsi, Sulawesi Utara. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode fenomenologi. Subjek penelitian ditetapkan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikakukan dengan observasi dan wawancara. Untuk memastikan keabsahan data dilakukan triangulasi lintas waktu dan metode. Analisis data mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan Miles dan Huberman: data reduction, data display, dan conclusion. Kegagalan kepala sekolah dalam memahami konsep dasar supervise menghasilkan kesalahan-kesalahan dalam pemberian supervise kepada guru. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman kepala sekolah bahwa supervise adalah penilaian, sehingga praktik supervise yang dilakukan kepada guru sebatas mengawasi dan memberikan penilaian secara administrative. Kesalahan supervisor ini juga mempengaruhi pemahaman guru sehingga menimbulkan mispersepsi guru tetang supervise sehingga menimbulkan ketakuatan ketika akan disupervisi. Selanjutnya kegagalan kepala sekolah memahami substansi supervise juga berdampak pada kegagalan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman kepala sekolah terhadap iklim kelas yang baik itu adalah iklim kelas yang tenang dan tertib. Hal ini tidak sejalan dengan kurikulum baru menginginkan kelas yang aktif, produktif, dan bermakna.
Keywords
References
Asante, E., & Ngulube, P. (2020). Critical Success Factors For Total Quality Management Implementation And Implications For Sustainable Academic Libraries. Library Management, 41(6–7), 545–563. Https://Doi.Org/10.1108/Lm-02-2020-0017
Blumberg, A. (1980). Supervisors And Teachers: A Private Cold War (2nd Ed.). Ca: Mccutchan Publishing Corporation.
Bost, M. (2019). The Impact Of Teacher Morale And School Culture On Student Achievement. Undefined-Undefined. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/A59580f2-0454-3c42-89de-B6796df3a1df/
Champlin, C. D. (1952). Supervision For Better Schools By Kimball Wiles. Prentice-Hall, Inc. 323 Pp. $3.75. The Educational Forum, 16(4). Https://Doi.Org/10.1080/00131725209341548
Daniela Muraru And Elena Pătrașcu. (2017). Management Models And School Leadership. The Journal Contemporary Economy Revista Economia Contemporană, 2(4), 125–130.
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (N.D.). The Basic Guide To Supervision And Instructional Leadership (3rded Ed.). Upper Saddle River, Nj: Pearso.
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2009). Supervision And Instructional Leadership: A Developmental Approach. British Journal Of Hospital Medicine.
Hoque, K. E., Bt Kenayathulla, H. B., D/O Subramaniam, M. V., & Islam, R. (2020). Relationships Between Supervision And Teachers’ Performance And Attitude In Secondary Schools In Malaysia. Sage Open, 10(2). Https://Doi.Org/10.1177/2158244020925501
Hp, S. (N.D.). Manajemen Mutu Terpadu (Mmt-Tqm) Teori Dan Penerapan Di Lembaga Pendidikan.
Kalule, L., & Bouchamma, Y. (2013). Supervisors’ Perception Of Instructional Supervision. International Studies In Educational Administration (Commonwealth Council For Educational Administration & Management (Cceam)).
M. Darling-Hammond, L. . H. M. E. . & G. (2017). Effective Teacher Professional Development (Research Brief). June, 1–8. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/6dbca7c9-C4ea-315a-9107-14455ddd5bf2/
Meier, K. J., & O’toole, L. J. (2003). Public Management And Educational Performance: The Impact Of Managerial Networking. In Public Administration Review. Https://Doi.Org/10.1111/1540-6210.00332
Ngang, T. K., & Chan, T. C. (2015). The Importance Of Ethics, Moral And Professional Skills Of Novice Teachers. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 205, 8–12. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2015.09.004
Nurdiansyah, A. S. (2017). Profesionalisme Guru Dan Tantangan Kedepan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Era Global. 180, 180–190. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/D53733d1-B443-37a2-A198-F154e83150d2/
Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Rineka Cipta.
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 6(1), 58–67. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/04a7227b-77c8-305e-Accf-3d09857b06ec/
Rifma, Alkadri, H., & Ermita. (2019). Supervision Service Practices By School Principals And Impacts Towards The Implementation Of Teacher Duties In Primary Schools. Https://Doi.Org/10.2991/Picema-18.2019.9
Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.
Sennen, E. (2017). Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru. 16–21. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/C1b07558-C2da-3243-A0eb-Ab15c5469045/
Septiani, N. (2019). Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 1(2). Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V1i2.4989
Sri Banun Muslim. (2009). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Alfabeta.
Sudiyono, L. D. P.-. (2015). Buku Supervisi Pendidikan -. Gava Media.
Tangen, J. L., Dianne Borders, L., & Fickling, M. J. (2019). The Supervision Guide: Informed By Theory, Ready For Practice. International Journal For The Advancement Of Counselling, 41(2). Https://Doi.Org/10.1007/S10447-018-09371-5
Thakral, S. (2015). The Historical Context Of Modern Concept Of Supervision. Journal Of Emerging Trends In Educational Research And Policy Studies.
Usman Husaini. (2013). Manajemen Teori, Praktik Dan Riset Pendidikan. In Pt. Remaja Rosdakarya.
Wahid, H. (2014). Pengaruh Supervisi Dan Dukungan Tugas (Task Support) Terhadap Organizational Citizenship Guru Smp Negeri Di Kabupaten Halmahera Selatan Provisi Maluku Utara. Manajemen Pendidikan, 5(1).
Wanzare, Z. (2012). Instructional Supervision In Public Secondary Schools In Kenya. Educational Management Administration And Leadership. Https://Doi.Org/10.1177/1741143211427977
Winarti, E. (2018). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan. 3(1), Undefined-Undefined. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/1539710a-77d6-35cd-8ff6-9f083d36fb7f/
Zepeda, S. J. (2017). Instructional Supervision: Applying Tools And Concepts (4thed Ed.). Routledge.
Article Metrics
Abstract Views : 4363 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 227 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.