Manajemen Mutu Akademik Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Manado

Prycilia P. Mamuaja(1), Deitje A. Katuuk(2), Viktory N.J. Rotty(3), Jeffry S.J. Lengkong(4),
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(4) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112136

Full Text:    Language : en

Abstract


Manajemen Mutu Akademik dapat dimaknai sebagai konsep dalam dua dimensi. Pertama, manajemen mutu akademik adalah filosofi sekaligus metode kerja. Kedua, manajemen mutu akademik meruoakan sikap mental sekaligus panduan bertindak dalam organisasi. Manajemen mutu akademik menjadi awal dalam membangun budaya akademik berbasis mutu yang memuat nilai-nilai filosofis yang diyakini dan menjadi arah masa depan sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan mengungkap implementasi dan tanantang manajemen mutu akademik program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (Prodi IKM) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Manado. Penelitian dilakukan dengan motode deskriptif kualitatif. Ketua program studi, sekretaris, dosen, dan mahasiswa ditetapkan sebagai subjek penelitian. Penentuan participant dilakukan dengan Teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data dilakukan triangulasi lintas waktu dan metode. Analisis data mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan Miles dan Huberman: data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian manunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai yang dijunjung sebagai dasar filosofis implementasi manajemen mutu akademik Prodi IKM FIK Universitas Negeri Manado adalah (1) excellence, integration, quality assurance, transparency, dan professionalism. (2) implementasi manajemen mutu akademik Prodi IKM FIK Universitas Negeri Manado dilakukan dalam dengan: penetapan standar mutu, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. (3) tantangan manajemen mutu akademik Prodi IKM FIK Universitas Negeri Manado terkait dengan sumberdaya manusia, mahasiswa, dan ketidakpastian di masa depan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran implementasi manajemen mutu akademik bagi pimpinan atau pengelola jurusan/prodi lainnya di tingkat universitas.


Keywords


Mutu, Pendidikan, Manajemen

References


Achyar, A. (2019). Konsep Manajemen Mutu Terpadu Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 193. Https://Doi.Org/10.32832/Tawazun.V10i2.1161

Al-Amri, A., & Wong, T. C. (2019). Challenges Of Total Quality Management In Higher Education Institutions. 2019(Mar), 1200–1201. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/A860cc1c-6607-3149-8eb5-45300003bc54/

Al-Shafei, A. I., Bin Abdulrahman, K., Al-Qumaizi, K. I., & El-Mardi, A. S. (2015). Developing A Generic Model For Total Quality Management In Higher Education In Saudi Arabia. In Medical Teacher (Vol. 37, Issue S1, Pp. S1–S4). Informa Healthcare. Https://Doi.Org/10.3109/0142159x.2015.1006607

Alkurnia, R., & Anggraini, A. (2017). Pengelolaan Manajemen Keuangan Pada Lembaga Pendidikan (Studi Pada Sekolah Al-Islam Dan Muhammadiyah Di Surakarta). 3(1), Undefined-Undefined. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/06e03d7e-5cc5-307f-84f3-00ba5ea61fcc/

Anwar, S. (2020). Implementasi Total Quality Management (Tqm) Dalam Bisnis Pendidikan. Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). Https://Doi.Org/10.32493/Eduka.V4i2.4263

Asante, E., & Ngulube, P. (2020). Critical Success Factors For Total Quality Management Implementation And Implications For Sustainable Academic Libraries. Library Management, 41(6–7), 545–563. Https://Doi.Org/10.1108/Lm-02-2020-0017

Awwad, I., & Mashagba, S. (2014). The Impact Of Total Quality Management ( Tqm ) On The Efficiency Of Academic Performance - Empirical Study - The Higher Education Sector – The University Of Jordan. 3(4), 358–364. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/Caf07c91-B1a5-3c75-8e50-76fde8cb29c3/

Douglas, T. J., & Judge, W. Q. (2001). Total Quality Management Implementation And Competitive Advantage: The Role Of Structural Control And Exploration. Academy Of Management Journal, 44(1), 158–169. Https://Doi.Org/10.2307/3069343

Hota, P., Nayak, B., & Sarangi, P. (2020). Integration Of Total Quality Management Principles To Enhance Quality Education In Management Institutions Of Odisha. Materials Today: Proceedings. Https://Doi.Org/10.1016/J.Matpr.2020.10.129

Hp, S. (N.D.). Manajemen Mutu Terpadu (Mmt-Tqm) Teori Dan Penerapan Di Lembaga Pendidikan.

Kanji, G. K., & Tambi, A. M. B. A. (1999). Total Quality Management In Uk Higher Education Institutions. Total Quality Management, 10(1), 129–153. Https://Doi.Org/10.1080/0954412998126

Kigozi, E., Ko, J., & On, Y. (2019). Total Quality Management (Tqm) Practices Applied In Education Institutions: A Systematic Review Of Literature.

Miftakhi, D. R., & Nurjanah, N. (2019). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Memberikan Layanan Untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Di Slb Ypac Pangkalpinang. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 265–278. Https://Doi.Org/10.32923/10.32923/Sus.Vol1.Iss1.18

Mukolwe, O., Michael, O., & Jack, O. (2017). Implementation Of Total Quality Management In Primary Schools As A Nancea For Low Academic Achievement. 5(5), 54–63. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/3cb02697-Ed74-3580-Aba6-Ca73ab417540/

Nasim, K., Sikander, A., & Tian, X. (2020). Twenty Years Of Research On Total Quality Management In Higher Education: A Systematic Literature Review. Higher Education Quarterly, 74(1), 75–97. Https://Doi.Org/10.1111/Hequ.12227

Nur Fauz, H., Perawironegoro, D., & Suyadi, S. (2020a). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Sebagai Strategi Efektif Dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2). Https://Doi.Org/10.35673/Ajmpi.V10i2.994

Nur Fauz, H., Perawironegoro, D., & Suyadi, S. (2020b). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Sebagai Strategi Efektif Dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 147–153. Https://Doi.Org/10.35673/Ajmpi.V10i2.994

Rahmah, U. (2018). The Implementasi Total Quality Management (Tqm) Di Sd Al-Hikmah Surabaya. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–131. Https://Doi.Org/10.14421/Manageria.2018.31-06

Saepudin, A. (2018). Problematika Dan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Teknodik, 4(15), 068. Https://Doi.Org/10.32550/Teknodik.V4i15.476

Sarmono, A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Pada Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 38–51. Https://Doi.Org/10.17977/Um027v3i12020p38

Siram, R. (2016). Manajemen Penjaminan Mutu Layanan Akademik Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 21(1), 111047. Https://Doi.Org/10.17977/Jip.V21i1.6483

Sriwidadi, T. (2001). Manajemen Mutu Terpadu. The Winners, 2(2), 107. Https://Doi.Org/10.21512/Tw.V2i2.3817

Syukron, B. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (Studi Transformasi Pada Perguruan Tinggi). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (Jpeb), 5(1), 51–62. Https://Doi.Org/10.21009/Jpeb.005.1.4

Taahyadin, F., & Daud, Y. (2018). Total Quality Management In School. 20(6), Undefined-Undefined. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/Aa947bc9-E322-32c0-A0c0-Ead5bbba3177/

Todorut, A. V. (2013). The Need Of Total Quality Management In Higher Education. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 83, 1105–1110. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2013.06.207


Article Metrics

 Abstract Views : 695 times
 PDF Downloaded : 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.