Abstract


Manajemen Mutu Akademik dapat dimaknai sebagai konsep dalam dua dimensi. Pertama, manajemen mutu akademik adalah filosofi sekaligus metode kerja. Kedua, manajemen mutu akademik meruoakan sikap mental sekaligus panduan bertindak dalam organisasi. Manajemen mutu akademik menjadi awal dalam membangun budaya akademik berbasis mutu yang memuat nilai-nilai filosofis yang diyakini dan menjadi arah masa depan sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan mengungkap implementasi dan tanantang manajemen mutu akademik program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (Prodi IKM) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Manado. Penelitian dilakukan dengan motode deskriptif kualitatif. Ketua program studi, sekretaris, dosen, dan mahasiswa ditetapkan sebagai subjek penelitian. Penentuan participant dilakukan dengan Teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data dilakukan triangulasi lintas waktu dan metode. Analisis data mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan Miles dan Huberman: data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian manunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai yang dijunjung sebagai dasar filosofis implementasi manajemen mutu akademik Prodi IKM FIK Universitas Negeri Manado adalah (1) excellence, integration, quality assurance, transparency, dan professionalism. (2) implementasi manajemen mutu akademik Prodi IKM FIK Universitas Negeri Manado dilakukan dalam dengan: penetapan standar mutu, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. (3) tantangan manajemen mutu akademik Prodi IKM FIK Universitas Negeri Manado terkait dengan sumberdaya manusia, mahasiswa, dan ketidakpastian di masa depan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran implementasi manajemen mutu akademik bagi pimpinan atau pengelola jurusan/prodi lainnya di tingkat universitas.


Keywords


Mutu, Pendidikan, Manajemen