Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru SMP Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(4) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112126
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pendidikan dan pelatihan (diklat) peningkatan kompetensi guru dan pengaruhnya terhadap kinerja guru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa yang telah mendapat diklat peningkatan kompetensi selama ekuivalen 32 jam pelajaran. Diklat ini dilakukan dalam rangka implementasi program pengabdian kepada masyarakat pada Oktober 2020. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan ex post facto. Instrumen dikembangkan berdasarkan indikator dari dua variabel diklat dan kinerja guru menggunakan skala likert dengan lima alternative jawaban. Variabel diklat terkait dengan metode, materi, waktu, dan narasumber. Sedangkan variabel kinerja diukur dengan indicator kompetensi pedagogik, social, kepribadian, dan professional guru. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana yang sebelumnya telah dilakukan uji persyaratan normalitas dan linieritas. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh diklat dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi rhitung = 0,745 > rtabel = 0,361 dengan taraf signifikansi 95%. Analisis regresi linier menunjukkan persamaan Y = 0,870X + 13,584 dengan koefisien regresi rxy = 0,745, koefisien determinasi r2xy = 0,555. Dengan demikian thitung 6,788 > ttabel 2,026. Dapat disimpulkan bahwa 55,5% kinerja dipengaruhi oleh diklat dan 44,5% sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Keywords
References
, R. U. N. 14 T. (2005). Undang-Undang Guru Dan Dosen. 1–26. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/Cbdcc1af-21ce-316c-Acdb-C0f7950a894f/
Assadi, N., & Murad, T. (2017). The Effect Of The Teachers’ Training Model “Academy- Class” On The Teacher Students’ Professional Development From Students’ Perspectives. Journal Of Language Teaching And Research, 8(2), 214. Https://Doi.Org/10.17507/Jltr.0802.02
Biasutti, M., Concina, E., & Frate, S. (2019). Social Sustainability And Professional Development: Assessing A Training Course On Intercultural Education For In-Service Teachers. Sustainability (Switzerland), 11(5). Https://Doi.Org/10.3390/Su11051238
Bubb, S., & Earley, P. (2013). The Use Of Training Days: Finding Time For Teachers’ Professional Development. Educational Research, 55(3), 236–248. Https://Doi.Org/10.1080/00131881.2013.825161
Bukit, B. (2017). Manajemen Diklat. In Вестник Росздравнадзора (Vol. 1).
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. Https://Doi.Org/10.29240/Jsmp.V1i2.295
Hayes, D. (2000). Cascade Training And Teachers’ Professional Development. Elt Journal, 54(2), 135–145. Https://Doi.Org/10.1093/Elt/54.2.135
Julifan, J. (2015). Efektivitas Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Upi, 22(2). Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V22i2.5382
Martinis Yamin. (2011). Standarisasi Kinerja Guru. In Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Nilasari, K. E. (2021). Efektivitas Diklat Teknis Substantif (Dts) Model-Model Pembelajaran Terhadap Efikasi Diri Dan Kompetensi Pedagogik Guru. Jentre, 1(1), 9–18. Https://Doi.Org/10.38075/Jen.V1i1.9
Nurdiansyah, A. S. (2017). Profesionalisme Guru Dan Tantangan Kedepan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Era Global. 180, 180–190. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/D53733d1-B443-37a2-A198-F154e83150d2/
Nurjanah, A. (2019). Evaluasi Diklat Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (Pkg) Dan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (Pkb). Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(3). Https://Doi.Org/10.32729/Edukasi.V17i3.615
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. In Cv Jejak.
Rais, M. (2019). Pengaruh Diklat Terhadap Kinerja Guru Madrasah Di Kota Manado. Al-Qalam, 25(1), 33. Https://Doi.Org/10.31969/Alq.V25i1.700
Ratnasari, K. C. K. R. T. (2017). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. In Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia.
Simanjuntak, P. J. (2005). Manajemen Dan Evaluasi Kinerja. In Fe Ui.
Sinaga, O. S., Hasibuan, A., Efendi, Priyojadmiko, E., Butarbutar, M., Purba, S., Karwanto, Silalahi, M., Hidayatulloh, A. N., & Muliana. (2020). Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. In Manajemen Kinerja Dalam Organisasi.
Sudja, I. N., & Yuesti, A. (2017). The Influences Of Education And Training , Leadership , Work Environment , Teacher Certification On Discipline And Teacher ’ S Professionality In High School At Bali Province . 5(9), 102–108. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/D7698156-46e1-3311-91b4-8d88ffafc3c1/
Sulistyo, B., Minarsih, M. M., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru ( Plpg ), Kedisiplinan Guru , Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja. 2(2), Undefined-Undefined. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/Dfb6a116-2c6f-3397-Be1c-9c98775db8d0/
Susmiyati, S., & Zurqoni, Z. (2020). Memotret Kinerja Guru Madrasah Dalam Pembelajaran. Southeast Asian Journal Of Islamic Education, 2(2). Https://Doi.Org/10.21093/Sajie.V2i2.2266
Suyitno, T. (2018). Pengaruh Hasil Diklat, Kompetensi Pedagogik, Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(1), 122–142. Https://Doi.Org/10.36052/Andragogi.V6i1.51
Tono, H. (2019). Implementasi Manajemen Penilaian Kinerja Guru (Pkg) Pada Guru. Prosiding Seminar Nasional Pep 2019, 1(1).
Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal Of Education Research, 1(3), 225–236. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V1i3.26
Article Metrics
Abstract Views : 2367 timesPDF Downloaded : 896 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.