Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram  Indonesia
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2.110927
Full Text: Language : id
Abstract
Kompetensi guru merupakan sebuah landasan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana kompetensi guru sekolah dasar berperan dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran daring. penelitian ini dilakukan pada sekolah dasar di Pengalengan Bandung dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, survey dan observasi. Survey dilakukan kepada 10 sekolah yang berbeda yang tersebar di kecamatan Pengalengan Bandung. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru berperan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran daring. Baik kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial semuanya memiliki andil dalam penyelenggaraan pendidikan daring. temuan penelitian menunjukkan bahwa peran tersebut tercermin dalam bentuk pengelolaan yang telah dilakukan oleh guru dalam pembelajaran daring. ada pengembangan teknik belajar siswa yang awalnya full daring menjadi kombinasi (pembimbingan belajar secara personal, guru kunjung, siswa kunjung, dan penugasan). Pengembangan tersebut tidak akan bisa terwujud manakala guru bersangkutan tidak memiliki kompetensi yang baik. Kompetensi Kepribadian; Kompetensi Profesional; Berdasarkan hasil analisis teknik pembelajaran tersebut lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya secara daring, hal tersebut terlihat dari semangat belajar siswa yang mengalami peningkatan.
Keywords
References
Dego, A., Santie, Y. D. A., Dehoop, S., & Kerebungu, F. (2019). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru IPS di SMP Negeri 1 Kabupaten Pulau Morotai. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 51–57.
Fitriani, C., AR, M., & Usman, N. (2017). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MTs MUHAMMADIYAH BANDA ACEH. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), 88–95.
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik : Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. 3(1), 1–6.
Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170
Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Mauilida, M. A. (2020). critical thinking dan problem solving dalam pembelajaran ips untuk menjawab tantangan abad 21. Sosial Horizon, Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 12–28. Diambil dari https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/1540
Jajat Sudrajat. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 100–110. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434
Mucharomah, M. (2017). Guru di Era Milenial dalam Bingkai Rahmatan Lil Alamin. Edukasia Islamika, 2(2), 172. https://doi.org/10.28918/jei.v2i2.1667
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru, Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, dan Kepeminpinan Sekolah. Sukabumi: Jejak.
Purnama, R. A., & Wahyuni, S. (2017). Kelekatan (Attachment) pada Ibu dan Ayah Dengan Kompetensi Sosial pada Remaja Attachment to Mothers and Fathers and Social Competence on Adolescents. Jurnal Psikologi, 13(1), 30–40.
Putri, R., Paud, P., & Medan, B. (2017). Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun. Kompetensi Dan Peran Guru Dalam Pembelajaran, 2(September), 293–297. Diambil dari http://semnasfis.unimed.ac.id
Putu Yulia Angga Dewi. (2019). Hubungan gaya komunikasi guru terhadap tingkat keefektifan proses pembelajaran. jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2942
Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulaki, M. J. E., Hamdani, A., & Noor, R. A. M. (2019). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 212. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15190
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 ini mengatur tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. (n.d.).
Sutisna, D., Indraswati, D., Nursaptini, Novitasari, S., & Sobri, M. (2020). Penerapan Program Pendidikan Inklusi Di SDN 1 Sangkawana Lombok Tengah. Progres Pendidikan, 1(2), 115–127. Diambil dari http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/index%0APENERAPAN
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. (2005). Diambil 21 April 2020, dari http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf
Yulyani, Y., Kazumaretha, T., Arisanti, Y., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 184. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18545
Article Metrics
Abstract Views : 7137 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 2401 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.