Abstract


Kompetensi guru merupakan sebuah landasan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana kompetensi guru sekolah dasar berperan dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran daring. penelitian ini dilakukan pada sekolah dasar di Pengalengan Bandung dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, survey dan observasi. Survey dilakukan kepada 10 sekolah yang berbeda yang tersebar di kecamatan Pengalengan Bandung. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru berperan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran daring. Baik kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial semuanya memiliki andil dalam penyelenggaraan pendidikan daring. temuan penelitian menunjukkan bahwa peran tersebut tercermin dalam bentuk pengelolaan yang telah dilakukan oleh guru dalam pembelajaran daring. ada pengembangan teknik belajar siswa yang awalnya full daring menjadi kombinasi (pembimbingan belajar secara personal, guru kunjung, siswa kunjung, dan penugasan). Pengembangan tersebut tidak akan bisa terwujud manakala guru bersangkutan tidak memiliki kompetensi yang baik. Kompetensi Kepribadian; Kompetensi Profesional; Berdasarkan hasil analisis teknik pembelajaran tersebut lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya secara daring, hal tersebut terlihat dari semangat belajar siswa yang mengalami peningkatan.


Keywords


Kompetensi Guru; Kompetensi Pedagogik; Kompetensi Sosial.