Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring Disekolah Dasar Pada Masa Covid-19

Ririn Humaera(1), Rusdinal Rusdinal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.110834

Full Text:    Language : id

Abstract


Sejak ditemukannya kasus positif COVID-19 di Indonesia dan pencanangan COVID-19 sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko penyebaran virus dengan menerapkan pembatasan jarak fisik. Sesuai dengan imbauan Mendikbud, proses pembelajaran harus dilanjutkan melalui pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran online, kendala yang dihadapi dan solusi yang diambil untuk mengatasinya. Peneliti ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru SDN 06 Balai-Balai. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru baik, namun masih terdapat kendala, baik dari sisi guru maupun siswanya. Untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran online, guru memberikan bimbingan dalam kelompok kecil siswa di dalam kelas.


Keywords


Kinerja Guru ; Pembelajaran Daring, Covid-19

References


Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. PT. Rineka Cipta.

Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan., volume 5 N.

Hartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi orang Tua dan guru di mts negeri kabupaten klaten. Jurnal Al-Asasiyya., Volume 2 N.

Harun Al Rasyid. (2015). Fungsi Kelompok Kerja Guru bagi Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori dan praktik Pendidikan. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, Tahun 24 N.

SE Kemdikbud No 4 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), (2020).

Latjuba Sofyana dan Abdul Rozak. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Vol. 8 No.

Munirwan Umar. (2015). Peran Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, Volume 1 n.

Rachmawati, T. dan D. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Gava Media.

Widodo, B. (2013). Perilaku Disiplin Siswa Ditinjau Dari Aspek Pengendalian Diri (Self Control) dan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Pada Siswa Smkwonoasri Caruban Kabupaten Madiun. Jurnal Widya Warta, No. 01 Tah.

Zhang, et al. (2004). Can e-learning replace classroom learning? ACM.Vol. 47 No.5.


Article Metrics

 Abstract Views : 2767 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 840 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.