Abstract


Sejak ditemukannya kasus positif COVID-19 di Indonesia dan pencanangan COVID-19 sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko penyebaran virus dengan menerapkan pembatasan jarak fisik. Sesuai dengan imbauan Mendikbud, proses pembelajaran harus dilanjutkan melalui pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran online, kendala yang dihadapi dan solusi yang diambil untuk mengatasinya. Peneliti ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru SDN 06 Balai-Balai. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru baik, namun masih terdapat kendala, baik dari sisi guru maupun siswanya. Untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran online, guru memberikan bimbingan dalam kelompok kecil siswa di dalam kelas.


Keywords


Kinerja Guru ; Pembelajaran Daring, Covid-19