Kontribusi Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri Padang
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2.110549
Full Text: Language : id
Abstract
Berdasarkan pengamatan di lapangan, teramati bahwa motivasi kerja guru SMA Negeri Kabupaten Padang Pariaman berada pada kategori rendah. Dugaan adalah kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal guru memberi kontribusi terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri Sekabupaten Padang Pariaman. Oleh sebab itu diadakan penelitian untuk menguji kebenarandugaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui seberapa besar kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri Sekabupaten Padang Pariaman. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah:1) kepemimpinan transformasional berkontribusi terhadap motivasi kerja guru, 2) komunikasi interpersonal guru berkontribusi terhadap motivasi kerja, 3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap mtivasi kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri yang ada di Kabupaten Padang Pariaman yang berstatus pegawai negeri sipil berjumlah 740 orang. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik Stratified Proporsional Random Sampling. Sampel yang terpilih 105 orang. Data dikumpulkan dengan angket skala likert dan telah diuji kesahihan dan keterandalannya. Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua digunakan rumus regresi sederhana dan untuk menguji hipotesis ketiga digunakan rumus regresi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 10,8%, 2) Komunikasi interpersonal guru berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 10,0%, 3) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 16,6%. Analisis deskriptif kepemimpinan transformasional, komunikasi interpersonal dan motivasi kerja guru berada pada kategori cukup baik dari skor ideal.
Keywords
References
Akbar.Rofiq. 2017. Analisis Pembelajaran Aktif dengan Pendidikan Collaborative Learning
pada Mata Kuliah Manajemen Pendidikan di STAIN Kudus. Journal
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arni, Muhammad. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Bafadal, Ibrahim. 2008. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Beta. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Amal Semarang. Skripsi
B. Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Bush, T abd Glover, D. 2003. School Leadership: Concepts and Evidence, Nottngham: NCSL
Cochran, William. 1991. Teknik Penarikan Sampel. UI-Press
Danim. 2003. Motivasi Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok. PT. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Edisi Ketiga). Balai Pustaka. Jakarta
Danim, Sudarwan. 2003. Motivasi Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Danim, Sudarwan dan Suparno. 2009. Manajemen dan kepemimpinan Tranformasioanl Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Devito. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja
Efendy. 2003. Ilmu Teori dan Fislsafat Komunikasi. Bandung. PT. Citra. Adtya Bhakti.
Epitropaki, Olga. 2001. What is? Transformasional Leadership. Inggris: Institute of Work Psykologi University of Shefield
Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, M. Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar i
Gistituati, Nurhijrah. 2009. Manajemen Pendidikan Budaya dan Kepemimpinan Organisasi. Padang: UNP Pers
Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Harbani. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Alfabeta. Bandung
Hariandja. 2002. Marihat Tua Efendi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo. Jakarta.
Hasibuan, Melayu S.P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi
Aksara.
Idrus, Ali. 2009. Pengembangan Profesional Guru. Jakarta: Gaung Persada
Ishak. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Trisakti. Jakarta
Kaihatu, T.S & Rini, W. (2007). Kepemimpinan transformasional dan pengaruhnya terhadap kepuasan atas kualitas kehidupan kerja, komitmen organisasi, dan perilaku ekstra peran: studi pada guru-guru SMU di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahan, Vol.98, No. 1, Maret 2007: 49-61.
Leary. Elizabeth. 2001. Budaya Organisasi Dalam Tantangan. Pustaka Pelajar. Edisi Pertama. Yogyakarta
Lileweri, Alo. 2001. Sosiologi Organisasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Lensufiie, Tikno. 2010. Leadership untuk Profesional dan Mahasiswa. Erlangga
Luthans. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. PT. Andi. Yogyakarta
Mathis, RL, Jackson, J.H. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta : Salemba Empat.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Remaja Risdakarya
Miftah Thoha, 2010. Kepemimpinan dalam Manajemen (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Mulyana, Deddy (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
¬¬¬Mulyasa. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya
Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Panji. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007. Tentang Standar Kepala Sekolah.
Rajhans. Kirti. 2012. Effective Organizational Communication. A Key Employee Motivation and Performance. Jurnal Interscience
Rivai, Veithzal, sagala, Ella Jauvani. 2009. Manajemen Sumber Daya untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Parsada.
Riduwan. 2012. Pengantar Statistik Sosial. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara
Sedarmayanti. 2000. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja Cetakan Kedua. Mandar Maju. Bandung
Sergiovanni, Thomas J. Dan Starratt, Robert J. 1997. Supervision: Human Perspectives,. New York:
Setiadi, Elly M, Hakam, Kama A, Effendi Ridwan. 2012. Ilmu Sosial Budaya Sosial. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Siswanto, Bejo. 1987. Manajemen Tenaga Kerja. Penerbit Sinar Dunia. Bandung
Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi .Yogyakarta. Andi Offset.
Surya, Darma. 2005. Manajemen Kinerja: Pustaka Belajar: Jakarta
Sukri. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Moral Kerja Guru SMK Negeri Kota Padang. Tesis
Suryanto. 2007. Informasi dan Pengetahuan. Diperoleh tanggal 1 Maret 2014 darihttp://www.suryanto.blogspot.co.id/html
Sutrisno. 2007. Kontribusi Pembinaan dan Komunikasi Interpesonal Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Universitas Negeri Padang. Tesis
Sunarto. 2003. Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Amus Offset
Suyanto. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Millenium III. Yogyakarta. Adi Cipta.
Swandri. 2003. Efektifitas Kepemimpinan Transformasional. Jurnal
SPSS (Statistical Program For Social science) versi 16.00
Syaodih, Sukmadianta. 2009. Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Siagian. Sondang P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Edisi Pertama). Jakarta. Binapura Aksara Rachmawati. Ike Kusdyah.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sopiah. 2008. Prilaku Organisasional. Yogyakarta: CV Andi Offset
Timpe. 1993. Seri Manajemen sumber Daya Manusia (Kinerja/ Performance). Cet. 4 PT. Elek Media Computindo. Jakrta
Trianto dan Tutik, Titik Triwulan. 2007. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi Kompetensi dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Undang-undang RI NO. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Undang-undang RI NO. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Nasrun. 2016. Psikologi Belajar. Jurnal Kependidikan Islam, Volume 6
Oemar. 2004. Pendekatan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT.
Peraturuan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Sinar Grafika Offset
Poerwadarminta, W. J. S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Faturrohman. Pupuh. 2012. Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yokyakarta : Teras
Uno, Hamzah B. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Thoha, Miftah. 2012. Kepemimpinan dan manajemen. Jakarta: Rajawali Pers
Yulk. Gary. 2009. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi 5. Alih Bahasa Budi Suprianto
Yodiq, Muhammad. 2016. Peran Komunikasi Interpesonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Menengah Atas Islam Samarinda. eJurnal Ilmu Komunikasi, 4 (2)
Wahyudi dan Suryono. 2006. “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan. Jakarta.
Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract Views : 809 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 234 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.