Kontribusi Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri Padang

Zulkifli Zulkifli(1), Rifma Rifma(2),
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2.110549

Full Text:    Language : id

Abstract


Berdasarkan pengamatan di lapangan, teramati bahwa motivasi kerja guru SMA Negeri Kabupaten Padang Pariaman berada pada kategori rendah. Dugaan adalah kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal guru memberi kontribusi terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri Sekabupaten Padang Pariaman. Oleh sebab itu diadakan penelitian untuk menguji kebenarandugaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui seberapa besar kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri Sekabupaten Padang Pariaman. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah:1) kepemimpinan transformasional berkontribusi terhadap motivasi kerja guru, 2) komunikasi interpersonal guru berkontribusi terhadap motivasi kerja, 3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap mtivasi kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri yang ada di Kabupaten Padang  Pariaman yang berstatus pegawai negeri sipil berjumlah 740 orang. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik Stratified Proporsional Random Sampling. Sampel yang terpilih 105 orang. Data dikumpulkan dengan angket skala likert dan telah diuji kesahihan dan keterandalannya. Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua digunakan rumus regresi sederhana dan untuk menguji hipotesis ketiga digunakan rumus regresi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 10,8%, 2) Komunikasi interpersonal guru berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 10,0%, 3) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 16,6%. Analisis deskriptif kepemimpinan transformasional,  komunikasi interpersonal dan motivasi kerja guru berada pada kategori cukup baik dari skor ideal.


Keywords


Kepemimpinan transformasional; Komunikasi interpersonal; motivasi kerja

References


Akbar.Rofiq. 2017. Analisis Pembelajaran Aktif dengan Pendidikan Collaborative Learning

pada Mata Kuliah Manajemen Pendidikan di STAIN Kudus. Journal

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arni, Muhammad. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadal, Ibrahim. 2008. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Beta. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Amal Semarang. Skripsi

B. Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Bush, T abd Glover, D. 2003. School Leadership: Concepts and Evidence, Nottngham: NCSL

Cochran, William. 1991. Teknik Penarikan Sampel. UI-Press

Danim. 2003. Motivasi Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok. PT. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Edisi Ketiga). Balai Pustaka. Jakarta

Danim, Sudarwan. 2003. Motivasi Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Danim, Sudarwan dan Suparno. 2009. Manajemen dan kepemimpinan Tranformasioanl Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Devito. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja

Efendy. 2003. Ilmu Teori dan Fislsafat Komunikasi. Bandung. PT. Citra. Adtya Bhakti.

Epitropaki, Olga. 2001. What is? Transformasional Leadership. Inggris: Institute of Work Psykologi University of Shefield

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, M. Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar i

Gistituati, Nurhijrah. 2009. Manajemen Pendidikan Budaya dan Kepemimpinan Organisasi. Padang: UNP Pers

Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Harbani. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Alfabeta. Bandung

Hariandja. 2002. Marihat Tua Efendi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo. Jakarta.

Hasibuan, Melayu S.P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi

Aksara.

Idrus, Ali. 2009. Pengembangan Profesional Guru. Jakarta: Gaung Persada

Ishak. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Trisakti. Jakarta

Kaihatu, T.S & Rini, W. (2007). Kepemimpinan transformasional dan pengaruhnya terhadap kepuasan atas kualitas kehidupan kerja, komitmen organisasi, dan perilaku ekstra peran: studi pada guru-guru SMU di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahan, Vol.98, No. 1, Maret 2007: 49-61.

Leary. Elizabeth. 2001. Budaya Organisasi Dalam Tantangan. Pustaka Pelajar. Edisi Pertama. Yogyakarta

Lileweri, Alo. 2001. Sosiologi Organisasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Lensufiie, Tikno. 2010. Leadership untuk Profesional dan Mahasiswa. Erlangga

Luthans. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. PT. Andi. Yogyakarta

Mathis, RL, Jackson, J.H. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta : Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Remaja Risdakarya

Miftah Thoha, 2010. Kepemimpinan dalam Manajemen (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Mulyana, Deddy (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

¬¬¬Mulyasa. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Panji. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007. Tentang Standar Kepala Sekolah.

Rajhans. Kirti. 2012. Effective Organizational Communication. A Key Employee Motivation and Performance. Jurnal Interscience

Rivai, Veithzal, sagala, Ella Jauvani. 2009. Manajemen Sumber Daya untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Parsada.

Riduwan. 2012. Pengantar Statistik Sosial. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara

Sedarmayanti. 2000. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja Cetakan Kedua. Mandar Maju. Bandung

Sergiovanni, Thomas J. Dan Starratt, Robert J. 1997. Supervision: Human Perspectives,. New York:

Setiadi, Elly M, Hakam, Kama A, Effendi Ridwan. 2012. Ilmu Sosial Budaya Sosial. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Siswanto, Bejo. 1987. Manajemen Tenaga Kerja. Penerbit Sinar Dunia. Bandung

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi .Yogyakarta. Andi Offset.

Surya, Darma. 2005. Manajemen Kinerja: Pustaka Belajar: Jakarta

Sukri. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Moral Kerja Guru SMK Negeri Kota Padang. Tesis

Suryanto. 2007. Informasi dan Pengetahuan. Diperoleh tanggal 1 Maret 2014 darihttp://www.suryanto.blogspot.co.id/html

Sutrisno. 2007. Kontribusi Pembinaan dan Komunikasi Interpesonal Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Universitas Negeri Padang. Tesis

Sunarto. 2003. Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Amus Offset

Suyanto. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Millenium III. Yogyakarta. Adi Cipta.

Swandri. 2003. Efektifitas Kepemimpinan Transformasional. Jurnal

SPSS (Statistical Program For Social science) versi 16.00

Syaodih, Sukmadianta. 2009. Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Siagian. Sondang P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Edisi Pertama). Jakarta. Binapura Aksara Rachmawati. Ike Kusdyah.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sopiah. 2008. Prilaku Organisasional. Yogyakarta: CV Andi Offset

Timpe. 1993. Seri Manajemen sumber Daya Manusia (Kinerja/ Performance). Cet. 4 PT. Elek Media Computindo. Jakrta

Trianto dan Tutik, Titik Triwulan. 2007. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi Kompetensi dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Undang-undang RI NO. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Undang-undang RI NO. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Nasrun. 2016. Psikologi Belajar. Jurnal Kependidikan Islam, Volume 6

Oemar. 2004. Pendekatan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT.

Peraturuan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Sinar Grafika Offset

Poerwadarminta, W. J. S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Faturrohman. Pupuh. 2012. Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yokyakarta : Teras

Uno, Hamzah B. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Thoha, Miftah. 2012. Kepemimpinan dan manajemen. Jakarta: Rajawali Pers

Yulk. Gary. 2009. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi 5. Alih Bahasa Budi Suprianto

Yodiq, Muhammad. 2016. Peran Komunikasi Interpesonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Menengah Atas Islam Samarinda. eJurnal Ilmu Komunikasi, 4 (2)

Wahyudi dan Suryono. 2006. “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan. Jakarta.

Bumi Aksara.


Article Metrics

 Abstract Views : 800 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.