Pengaruh Pelatihan dan Motivasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Smp Negeri Se-Kota Sibolga Dimoderasi Gender

Nomenrita Panjaitan(1), Tiarapuspa Tiarapuspa(2),
(1) Universitas Terbuka  Indonesia
(2) Universitas Trisakti  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.109839

Full Text:    Language : ind

Abstract


Tenaga pendidik di SMP Negeri se-Kota Sibolga memiliki masalah dalam hal kinerja, yaitu pelaksanaan tugas sebagai pendidik belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik di SMP Negeri se-Kota Sibolga dimoderasi gender. Penelitian ini dilakukan pada tenaga pendidik SMP Negeri se-Kota Sibolga dengan jumlah populasi 342 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 275 responden. Dengan Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling (Random Sample). Variabel independent pada penelitian ini pelatihan dan motivasi, sedangkan variabel dependen adalah kinerja. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Perangkat lunak yang digunakan untuk analisis deskriptif adalah Software Statistical Package for Social Sciences (SPSS). Hasil analisis menunjukkan pelatihan dan motivasi secara berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja. Gender memoderasi pelatihan dan motivasi terhadap kinerja pada guru perempuan, tetapi pada guru laki-laki gender hanya memoderasi motivasi tetapi tidak memoderasi pelatihan

 


Keywords


Pendidikan Pelatihan; Motivasi Kerja; Kinerja Tenaga Pendidik; Gender

References


Alfhan, R., 2013, Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Akuntansi SMA Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Kendal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Bernardin, H.J. and Russel. (2010). Human Resource Management. New York: McGraw-Hill.

Byrne, B. M. 2010. Structural Equation Modeling with AMOS. Basic Concepts, Applications, and Programming, 2nd ed. New York: Routledge Taylor & Francis Group

Elaine Showalter. 1989. Speaking of Gender Published by: Rocky Mountain Modern Language Association.

Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States: Pearson

Hasanah, D.S., 2010, Pengaruh Pendidikan Latihan (Diklat) Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Bandung: UPI.

Herzberg, F., 2011, Herzberg’s Motivation-Hygiene Theory and Job Satisfaction in The Malaysian Retail Sector The Mediating Effect of Love Money.

Kumalaningrum, M.P., 2010, Pengaruh Gender Sebagai Pemoderasi Pada Hubungan Orientasi Pasar Dan Kinerja Keuangan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan Vol. 6 No.2 Hal. 99-112.

Margaretha, Y., dan Henky, L.,2012, Peranan Fashion Clothing Involvement Dalam Meningkatkan

Recreational Shopper Identity, UPI

Maharany, R.A., dan Wayan, S.I., 2019, Peran Gender Sebagai Variabel Moderasi Dalam Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan, E-Jurnal Manajemen, ISSN 2302-8912.

McClelland, D.C., 2013, Enterpreneur Behavior and Characteristics of Enterpreneurs. The Achieving Society.

Mohardi, 2011, Pengaruh Motivasi dan Persepsi Guru terhadap Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri Pulau Batam. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mu’min, 2011, Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap kinerja Guru SMP Negeri di Batam. Jakarta: Universitas Terbuka.

Notoatmodjo, S., 2010, Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Putra. R.P., 2015, Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan Gaji terhadap turover Intention dengan Gender sebagai variable Moderating (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta dan Surakarta), Jurnal Nominal Vol. IV No. 1

Rahmatiah, 2018, Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pengurus PGRI Kabupaten Parigi Moutung dan Gunung Kidul, Jurnal SAP Vol. 2 No. 3

Rivai, V. dan Sagala, E. J. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. PT Raja Grafindo, Jakarta.

Roslina, 2014, Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 3 Sibolga dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jakarta: Universitas Terbuka.

T. Wilson., 1989, Sex and Gender, Making Cultural Sense of Civilization, Leiden, New York, Kobenhagn, Koln: E.J. Brill

Warningsih, M., 2010, Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Sekretaris Wakil Presiden Republik Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widodo, 2011, Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SD Penabur. Tasikmalaya: Jurnal Pendidikan Penabur No.16 Hal. 68.

Wexley, K., dan Yukl, G., 2013, Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, Jakarta: Rineka Cipta.

Lidya Ratna Sari ¹ Ni Made Wulandari Kusumadewi E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 9, 2015: 2831-2856 ISSN : 2302-8912, Udayana


Article Metrics

 Abstract Views : 858 times
 PDF Downloaded : 347 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.