Implementasi Metode Usmani dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini

Ulfatun Nadhiroh(1), Raden Rachmy Diana(2),
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  Indonesia
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/113107

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan diadakannya penelitian ini untuk (1)  menjelaskan  metode usmani  yang dilaksanakan di TPQ Sabilil Huda; (2) mendeskripsikan kendala dalam penerapannya; dan (3) menjelaskan evalusi yang dilakukan dalam mengembangkan keterampilan bacaan Al-qur’an anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini mendapatkan informasi melalui tiga sumber yaitu orang, dokumen data dan kejadian dengan teknik pengamatan, tanya jawab dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu model perbandingan tetap yang mendukung spekulasi Glaser dan Strauss dengan 3 langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan pembuatan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa metode usmani diimplementasikan dengan pembelajaran klasikal yaitu bersama-sama dan individu yaitu sendiri-sendiri. Kendala yang dihadapi dalam penerapan metode usmani adalah kurangnya fokus anak dan tingkat kehadiran anak yang tidak konsisten. Evalusi yang dilakukan yaitu 2 macam, pertama evalusi harian dengan prestasi dan kedua tashih untuk kenaikan jilid

Article Metrics

 Abstract Views : 591 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.