Abstract


Tujuan diadakannya penelitian ini untuk (1)  menjelaskan  metode usmani  yang dilaksanakan di TPQ Sabilil Huda; (2) mendeskripsikan kendala dalam penerapannya; dan (3) menjelaskan evalusi yang dilakukan dalam mengembangkan keterampilan bacaan Al-qur’an anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini mendapatkan informasi melalui tiga sumber yaitu orang, dokumen data dan kejadian dengan teknik pengamatan, tanya jawab dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu model perbandingan tetap yang mendukung spekulasi Glaser dan Strauss dengan 3 langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan pembuatan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa metode usmani diimplementasikan dengan pembelajaran klasikal yaitu bersama-sama dan individu yaitu sendiri-sendiri. Kendala yang dihadapi dalam penerapan metode usmani adalah kurangnya fokus anak dan tingkat kehadiran anak yang tidak konsisten. Evalusi yang dilakukan yaitu 2 macam, pertama evalusi harian dengan prestasi dan kedua tashih untuk kenaikan jilid