The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Permasalahan dalam artikel ini difokuskan pada bagaimana proses kelancaran pemerolehan bahasa Indonesia bagi anak yang berbahasa ibu bahasa Indo-nesia (BI) dalam berkomunikasi secara lisan. Hal ini menarik karena anak selalu berhadapan dengan ma-syarakat yang berbeda-beda dan secara aktif meng-gunakan bahasa daerah yang berbeda pula. Dari hasil analisis diketahui bahwa anak di dalam memproduksi bahasa Indonesia untuk berkomunikasi sering meng-alami kesalahan dalam pengucapan dan dalam pemilih-an kata. Kesalahan pengucapan karena anak mengucap-kan kalimat bahasa Indonesia seperti kata dalam bahasa daerah yang dikuasai. Sedangkan kesalahan pemilihan kata terjadi karena anak belum memahami maka kosa kata bahasa daerah secara tepat. Kondisi semacam itu meskipun menunjukkan kerancauan berbahasa anak  tetapi dalam perkembangan selanjutnya menunjukkan bahwa anak tetap lebih baik di dalam berbahasa Indonesia dengan memiliki banyak kosa kata dari ber-bagai bahasa daerah. Kemampuan memproduksi bahasa dalam berkomunikasi tampak menunjukkan ketelitian dan kehati-hatian anak dalam memilih kata secara tepat.

Kata kunci: pemerolehan bahasa, bahasa daerah, baha-sa ibu, interferensi