Meningkatkan Keterampilan Membuat Box File Melalui Metode Demonstrasi pada Anak Tunagrahita Ringan di Kelas VI SLB Binar Tarusan

Anur - Yetti(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe30440.64

Full Text:    Language : en    Language : en    Language : en

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Anak Tunagrahita Ringan kelas VI di SLB Binar Tarusan terhadap mata pelajaran keterampilan menggunakan Metode Demonstrasi. Data dalam penulisan ini dikumpulkan menggunakan instrumen penulisan dan lembaran observasi. Untuk melihat perubahan aktifitas belajar anak pada dua siklus yaitu siklus I dan II. Penulisan ini melibatkan Anak Tunagrahita Ringan kelas VI yang berjumlah 3 anak. Data diperoleh dan dianalisis menggunakan teknik persentase. Temuan penulisan menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar keterampilan anak secara signifikan. Hasil penulisan menunjukkan bahwa : hasil tes awal (assessment) DS dengan nilai (30%), DP dengan nilai (26.7%) dan MR dengan nilai (40%). Siklus I nilai yang diperoleh DP adalah (48.07%), DP (44.32%), dan MR (51.92%). Sedangkan pada siklus II bertambah meningkat dimana DS dengan (86.53%), DP (80.76%), dan MR (88,46%). Maka dapat disimpulkan bahwa Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan Anak Tunagrahita Ringan di Kelas VI SLB Binar Tarusan.


Article Metrics

 Abstract Views : 152 times
 Untitled Downloaded : 9 times  PDF () Downloaded : 15 times  PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)