The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Anak Tunagrahita Ringan kelas VI di SLB Binar Tarusan terhadap mata pelajaran keterampilan menggunakan Metode Demonstrasi. Data dalam penulisan ini dikumpulkan menggunakan instrumen penulisan dan lembaran observasi. Untuk melihat perubahan aktifitas belajar anak pada dua siklus yaitu siklus I dan II. Penulisan ini melibatkan Anak Tunagrahita Ringan kelas VI yang berjumlah 3 anak. Data diperoleh dan dianalisis menggunakan teknik persentase. Temuan penulisan menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar keterampilan anak secara signifikan. Hasil penulisan menunjukkan bahwa : hasil tes awal (assessment) DS dengan nilai (30%), DP dengan nilai (26.7%) dan MR dengan nilai (40%). Siklus I nilai yang diperoleh DP adalah (48.07%), DP (44.32%), dan MR (51.92%). Sedangkan pada siklus II bertambah meningkat dimana DS dengan (86.53%), DP (80.76%), dan MR (88,46%). Maka dapat disimpulkan bahwa Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan Anak Tunagrahita Ringan di Kelas VI SLB Binar Tarusan.