Penyusunan Booklet Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Miniatur Bonsai Dari Limbah Plastik Bagi Anak Gangguan Pendengaran

Pianti Tri Putri(1), Rahmahtrisilvia Rahmatrisilvia(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1147050.64

Abstract


Berangkat dari fenomena bahwa anak gangguan pendengaran merupakan anak yang memiliki gaya belajar visual, maka peneliti membuat sebuah booklet pembuatan miniatur bonsai dari limbah plastik. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun booklet yang dikembangkan dengan memenuhi kriteria yang sesuai dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Untuk merumuskan penyusunan booklet berdasarkan pada tahapan guru dalam mengajarkan keterampilan dan berdasarkan pemahaman anak gangguan pendengaran dalam keterampilan membuat miniatur bonsai dari limbah plastik. Booklet di validasi oleh 5 orang ahli yaitu ahli grafis, ahli bahasa Indonesia, ahli pendidikan luar biasa, dan guru. Hasil validasi menunjukan bahwa booklet miniatur bonsai dari limbah plastik memenuhi kriteria yang sesuai dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa booklet booklet miniatur bonsai dari limbah plastik masuk dalam kategori sangat baik. Sehingga booklet miniatur bonsai dari limbah plastik layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa gangguan pendengaran kelas X SMALB.

Keywords


Gangguan pendengaran, bonsai, limbah plastik

References


Anwar. (2012). .Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education) Konsep dan Aplikasi.Bandung: Alfabeta.

Delphie, B. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Bintoro, T. (2011). Kemampuan Komunikasi Anak Tunarungu. Perspektif Ilmu Pendidikan.

Gerber, EM., Lewis, DR., & Easterday, MW. (2014). Design-Based Research Process: Problems, Phases, Applications. Northwestern.edu. Northwestern University, Evanston, IL

Haenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu.Jakarta Timur : Luxima Metro Media

Plomp, et al. (2007). An Introduction to Educational design Research. Diakes dari http://www.slo.nl/downloads/2009/Introduction_20to_20education_20design_20research.pdf

Pralisaputri. K.R., Soegiyanto, H., & Muryani. C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco

Rehusisma, L. A, dkk. (2017). Pengembangan Media Pembalajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Malang: Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol.2, No 9.

Siyamta. (2014). Jenis dan Klasifikasi Media Pembelajaran. Jakarta: Pustekom; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.