Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Anak Tunarungu di SLBN Lampung Timur

Alfina Damayanti(1), Putri Lailatun Ni’mah(2), Izzatin Kamala(3),
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : ID

Abstract


Penelitian ini akan membahas mengenai metode yang digunakan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Lampung Timur, karena dengan penggunaan metode yang tepat akan membuat siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan cara langsung yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan mengenai bagaimana pembelajaran yang dilakukan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi anak Tunarungu yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Lampung Timur.

Metode yang dilakukan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Lampung Timur yaitu model Problem Based Learning (PBL) dengan bimbingan guru dan orang tua yang dianggap paling mempunyai dampak positif dalam proses pemahaman siswa dalam belajar. Selain oleh guru, orang tua siswa juga membantu proses pembelajaran agar pencapaian belajar dapat tercapai dengan baik. Orang tua diberikan panduan dan bimbingan dari guru sendiri mengenai bahasa isyarat yang diajarkan ke anak di sekolah.


Keywords


Metode Pembelajaran, Pembelajaran IPA, Kelainan Tunarungu.

References


Asrani Assegaf dan Uep Tatang Sontani. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL) (Improved Ability to Analytical Thinking With a Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1, No. 1, 38-48.

Dewantara Riki dan Susetyo Budi . (2018). Bentuk Evaluasi Pembelajaran Anak Tunarungu Di Sekolah Dasar Inklusif, JASSI_anakku Volume 19 Nomor 2, Jakarta: Desember.

Djainul Ismanto dan Asrori. (2018). Metode Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di SMPLB-B Karya Mulia Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2.

Gunawan, Dudi. 2016. Modul Guru Pembelajaran SLB Tunarungu Kelompok Kompetensi A. Bandung: PPPPK TK dan PLB Bandung.

Herlianti, Jean Jua. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran IPA Bagi Anak Tunarungu Kelas VI Di SLB YPPLB Padang. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), Vol. 4, No. 1. 60-71.

Khotimah, Husnul. (2018). Metode Pembelajaran PAI Bagi Anak Tunarungu di SDN Inklusi. Indonesian Journal of Islamic Education Studies, Vol. 1, No. 2. 179-195.

Lestari, Yunita. 2017. Skripsi: Peningkatan Pemahaman Pembelajaran IPA Dengan Media Mind Mapping Bagi Anak Tunarungu Kelas V Di SLB Negeri 2 Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nofiaturrahmah, Fifi. (2018). Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya.QUALITY, Vol. 6, No. 1, 1-15.

Nur Fajrie dan Siti Masfuah, (2018), Media Model Pembelajaran Sains untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Jurnal Bagimu Negeri Volume 2 Nomor 1, Lampung.

Prawesti, Anisa Julia, dkk. (2020). Learning Strategies For Children Special Needs: Strategi Pembelajaran Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. UMSIDA, Proceeding of The ICECRS, Educational and Psychological Conference in the 4.0 era Articles, Vol. 8.

Pujiwati, Sri. (2012). Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Benda Anak Tunarungu Melalui Metode Maternal Reflektif di Kelas D II Di SDLBN Tarantang Lima Puluh Kota. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), Vol. 1. No. 1.

Rachmawati, Eni. (2018). Pengaruh Program Bimbingan Orang Tua Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Tunarungu Kelas Tinggi Pada Tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Vol. 6, No. 1, 57-64.

Sadewa, Antep Anom. (2015). Skripsi: Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Musik Ansambel Pada Siswa Kelas VII H di SMP Negeri 27 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Sarbani. (2014). Manajemen Pembelajaran Bahasa Indonesia Anak Tunarungu SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 7, No. 2.

Sulthon. 2016. Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary, Vol. 4, No. 1.

Wahid, Muhammad Gus Nur. (2020). Pendekatan Pembelajaran Akhlak Pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB). TA’LIMUNA, Vol. 9, No. 01, 2085-2975.

Wasito, Dian Rachmawati., dkk. (2010). Penyesuaian Sosial Remaja Tunarungu yang Bersekolah di Sekolah Umum. INSAN, Vol. 12, No. 03.


Article Metrics

 Abstract Views : 864 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 523 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.