Profil Guru X yang Mengajar Anak Autis di Kelas V SLB Autisma YPPA Padang

Andhayani Aprilliyanti Bestari(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


ABSTRACT

This research was motivated by teacher X teaches autistic children, mentally retarded children, and deaf children in one class at SLB Autisma YPPA Padang. Teacher X teaches children appropriate with their interests and abilities. So that the child get the achievement in coloring subject. This study uses a case study approach with qualitative research methods. The process of collecting data in this research was carried out through observation, interviews and documentation. The results of this research show that how to teach teacher X, that was the teacher teaches autistic children with structured, eye contact and voice direction. The teacher guides and directs children appropriate with their interests. Teaching materials and media that the teacher uses are very interesting, so children are motivated to learn. Teacher X can speak sign language and communicate with autistic children. The subject of material and evaluation were adjusted to the children abilities.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru X mengajar anak autis, anak tunagrahita, dan anak tunarungu dalam satu kelas di SLB Autisma YPPA Padang. Guru X mengajar anak sesuai dengan minat dan kemampuan anak. Sehingga anaknya berprestasi dibidang mewarnai. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan cara mengajar guru X yaitu Guru mengajar anak autis dengan terstruktur, kontak mata dan keterarahan suara. Guru membimbing dan mengarahkan anak sesuai minat. Bahan ajar dan media yang guru gunakan sangat menarik, sehingga anak termotivasi untuk belajar. Guru X mampu berbahasa isyarat dan berkomunikasi dengan anak autis. Materi pelajaran dan evaluasi disesuaikan dengan kemampuan anak.


Keywords


Profil, Cara Mengajar, Anak Autis

References


Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. PT. Remaja Rosdakarya.

Ditjen Dikdasmen. (2017). Pedoman Pembelajaran Peserta Didik dengan Autism Pada Satuan Pendidikan Khusus. Jakarta: DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN KHUSUS DAN LAYANAN KHUSUS DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN.

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif : Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Fatmawati. (2013). PROFESIONAL GURU PADA PENDIDIKAN ANAK GANGGUAN INTELEKTUAL. PEDAGOGI Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(1), 118–123.

Goulart, C., Valadão, C., Caldeira, E., & Bastos, T. (2018). Brain signal evaluation of children with Autism Spectrum Disorder in the interaction with a social robot. Biotechnology Research and Innovation, 27, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.biori.2018.11.003

Herdiansyah, H. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Iswari, M., & Nurhastuti. (2016). Pendidikan Anak Autisme. Jawa Barat: Goresan Pena.

Ivony, T. (2016). Strategi Pembelajaran Anak Autis Di SLB Autisma Yogasmara, Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Mudjito. (2013). Berbagai Peraturan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus. DIREKTORAT PEMBINAAN PKLK PENDIDIKAN DASAR DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN.

Mulyana. (2010). Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: Grasindo.

Nahampun, D. (2017). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DI SLB C KARYA BHAKTI PURWOREJO. Widia Ortodidaktika, 6.

Prasetya, A. G. (2016). Pembelajaran Matematika Bagi Anak Autis Kelas III di Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Zulmiyetri, Damri, Murni, I., Taufan, J., & Afrianti, N. (2018). Mengurangi Perilaku Stereotype Menjilat Tangan pada Siswa Autis Melalui Teknik Aversi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2, 10–14.


Article Metrics

 Abstract Views : 344 times
 PDF Downloaded : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.