Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat Sandal Kulit bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 2 Padang

Seprinawati Seprinawati(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional membuat sandal kulit bagi anak tunagrahita ringan. Sebagaimana kita ketahui bahwa anak tunagrahita mengalami keterbatasan dalam akademik untuk itu tidak menutup kemungkinan mereka mampu pada bidang keterampilan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru keterampilan, dan anak tunagrahita ringan yang berjumlah 3 orang serta informan penelitian berjumlah tiga orang. Penelitian dilakukan dilingkungan sekolah SLB Negeri 2 Padang dan lingkungan sekitar sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta studi dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa di sekolah memang telah melaksanakan pembelajaran keterampilan vokasional yaitu membuat sandal kulit tidak hanya keterampilan membuat sandal saja ada juga keterampilan yang lain seperti boga, busana (membuat tas seminar dan laptop) dan juga di fasilitasi dengan sarana dan prasarana yang lengkap baik berupa alat dan bahan, ruangan khusus serta guru khusus di bidang keterampilan masing-masing.


Keywords


Keterampilan Vokasional, Membuat Sandal Kulit, Tunagrahita

References


Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Karwono, & Mularsih, H. (2018). Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers.

Madiun, U. P., Setia, J., & No, B. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Vocational Penyandang Mental Retardation di ’ Kampung Idiot Desa Sidoharjo, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo Melalui Budidaya Kroto. Adimas, 33–42.

Rochjadi, H. (2016). Modul Guru Pembelajaran SLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi H. PusatPengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Interpratama.


Article Metrics

 Abstract Views : 2489 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 591 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.