Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional membuat sandal kulit bagi anak tunagrahita ringan. Sebagaimana kita ketahui bahwa anak tunagrahita mengalami keterbatasan dalam akademik untuk itu tidak menutup kemungkinan mereka mampu pada bidang keterampilan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru keterampilan, dan anak tunagrahita ringan yang berjumlah 3 orang serta informan penelitian berjumlah tiga orang. Penelitian dilakukan dilingkungan sekolah SLB Negeri 2 Padang dan lingkungan sekitar sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di sekolah memang telah melaksanakan pembelajaran keterampilan vokasional yaitu membuat sandal kulit tidak hanya keterampilan membuat sandal saja ada juga keterampilan yang lain seperti boga, busana (membuat tas seminar dan laptop) dan juga di fasilitasi dengan sarana dan prasarana yang lengkap baik berupa alat dan bahan, ruangan khusus serta guru khusus di bidang keterampilan masing-masing.