Kecakapan Interaksi Sosial Siswa Autis Disekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi SMP Negeri 23 Padang

Agustina Karyati(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsisikan seperti apa sebenarnya kemampuan anak autis dalam berinteraksi di lingkungan  sekolah penyelenggara pendidikan iklusi. Pada kenyataanya anak berkebutuhan khusus jenis autis yang bersekolah di inklusi  mampu berinteraksi seperti anak normal pada umumnya. Empat pernyataan penelitian yang sesuai dengan aspek-aspek interaksi sosial siswa autis di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi diajukan berhubungan dengan tujuan penelitian. Pengkajian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah satu orang, yaitu anak berkebutuhan khusus gangguan autisme serta informan penelitian berjumlah tiga orang. penelitian dilakukan dilingkungan sekolah SMP Negeri 23 Padang serta lingkungan kediaman subjek. Jalan  pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak autis FZ dapat interaksi sosial dengan baik seperti anak normal pada umumnya di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi  asalkan guru serta teman sebaya lebih banyak memberikan stimulus pada anak agar anak dapat berbaur serta dapat beradaptasi dengan lingkungan.


Keywords


Interaksi sosial, Pendidikan Inklusi, Anak Autisme

References


Damri, D., Taufan, J., Irdamurni, I., Zulmiyetri, Z., & Afrianti, N. (2018). Mengurangi Perilaku Stereotype Menjilat Tangan pada Siswa Autis Melalui Teknik Aversi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 10-14.

Diahwati, R., Hanurawan, F., Dasar, P., & Malang, P. N. (2016). KETERAMPILAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI, 1612–1620.

Frieda Mangunsong. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak berkebutuhan Khusus. bandung: Kompas building.

Marlina, M. (2014). KETERAMPILAN SOSIAL ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. Penelitian pendidikan, 5 (1).

Robiah, S.,& Andajani, K. (2012). Pola Komunikasi Guru Dengan Siswa Autis Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sekolah Autisme Laboratorium Universitas Negeri Malang. Artikel Ini Diangkat Dari Skripsi Sarjana, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Taufan, J., & Mazhud, F. ( 2016). Kebijakan-kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di sekolah X Kota Jambi. Jurnal Penelititian Pendidikan, 14 (1).

Ulfah, I. M., Pendidikan, J., Biasa, L., & Marya, I. (2015). Oleh : INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK AUTIS DI SEKOLAH INKLUSIF, 1–8.


Article Metrics

 Abstract Views : 947 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.