Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika bagi Anak Berkesulitan Belajar

Yuri Musyani(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang 

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas pendekatan realistic mathematics education  untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar kelas II di SDN 09 Koto Luar, Padang. Subjek penelitian adalah siswa berkesulitan belajar berjenis kelamin laki-laki yang berada di kelas II SDN 09 Koto Luar, Padang. Metode penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa intervensi menggunakan realistic mathematics education memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa berkesulitan belajar. Hasil tersebut dibuktikan dengan persentase overlape dari perbandingan intervensi (B) : Baseline (A1) diperoleh hasil 0% dan intervensi (B) : Baseline (A2)  di peroleh hasil sebesar 50%. Dari persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa realistic mathematics education efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar.


Keywords


Realistic mathematics education, hasil belajar matematika, anak berkesulitan belajar.

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Adi, S., & Riyadi. (2014). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Geometri, 2.

Sunanto, J. (2006). penelitian dengan subjek tunggal. bandung: upi press.

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik Teori Pengembangan dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Murtiyasa, & Rizka. (2016). Pengaruh Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 515–516.


Article Metrics

 Abstract Views : 402 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.