Contextual Teaching And Learning Melatih Kemampuan Penyandang Tunanetra Dalam Menanam Bayam Di Polybag

Citra Devi Siallagan(1), Elsa Efrina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di PSBN Sakato Padang. Hasil temuan peneliti mengenai belum adanya sama sekali pembelajaran menanam. Salah satu cara memberikan mereka pelatihan dalam menanam bayam di polybag dengan menggunakan pendekatan contextual Teaching and learning. Menanam bayam bagi penyandang tunanetra dengan memberikan langkah-langkah dari awal hingga akhir yang membantu anak dalam keterampilan menanam bayam di polybag serta mandiri sehingga menjadi bekal dalam kehidupanya sehari-hari.


Keywords


Menanam, Penyandang Tunanetra, Pendekatan Contextual Teaching and Learning

References


Irdamurni. (2018). Memahami anak berkebutuhan khusus. jawa barat: goresan pena.

Iswari, M. (2008). kecakapan hidup bagi anak berkebutuhan khusus. padang: UNP Press.

Nazir, M. (2009). Metode penelitian. bogor: Ghalia Indonesia.

Safaruddin, Markis, Y., & Efrina, E. (2013). Pengaruh Program JAWS Terhadap Kemampuan Mengetik Pada Tunanetra di PSBN Tuah Sakato Padang. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Juphekhu, 2(September), 408–418.

Sanjaya, wina. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN Berorientasi Standar Proses Pendidikan. jakarta: KENCANA.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumadi, S. (2012). Metodologi Penelitian. jakarta: PT. Grasindo.

Zainal, A. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.


Article Metrics

 Abstract Views : 273 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.