Efektivitas Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Agresif Anak dengan Gangguan Perilaku

Khairina Khairina(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Perilaku agresif yang dilakukan anak adalah dengan cara menyerang secara fisik ataupun verbal, perilaku ini tidak hanya merugikan orang lain tetapi juga  dirinya sendiri. Gangguan perilaku salah satu tipe gangguan tunalaras dimana anak sulit dalam menyesuaikan diri dan berperilaku yang tidak sesuai dengan norma yang berada dilingkungan sekitarnya.  Melalui pemberian pelatihan keterampilan sosial dengan teknik bermain peran diharapkan perilaku agresif anak dapat dikurangi.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang berbentuk Single Subject Research dengan desain multiple baseline cross variable disain garfik A-B-A. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seorang anak dengan gangguan perilaku berjenis kelamin laki-laki yang duduk di kelas IV. Data diukur menggunakan frekuensi untuk melihat berapa kali anak melakukan tindakan perilaku agresif berkata kasar dan memukul. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung. Penelitian ini dianalisis dalam bentuk penyajian analisis visual dan grafik.

Keywords


Role Playing, Perilaku Agresif, Gangguan Perilaku

References


Anisah, A. S. (2015). Gangguan Prilaku pada Anak dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar, 1(2). Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/download/689/542

Christie, I. H. F., Kaunang, T. M. D., & Munayang, H. (2017). gambaran gangguan perilaku pada anak yang mengalami kekerasan di enam sekolah dasar kecamatam melalayang kota manado, 1(3), 47–55.

Damri, D., Taufan, J., Irdamurni, I., Zulmiyetri, Z., & Afrianti, N. (2018). MENGURANGI PERILAKU STEREOTYPE MENJILAT TANGAN PADA SISWA AUTIS MELALUI TEKNIK AVERSI. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 10-14.

Kurniawan, A. (2014). Efektivitas Konseling Kelompok Teman Sebaya dalam Mereduksi Perilaku Agresif Siswa, 2013–2014.

Mahabbati, A. (2014). Pola Perilaku Bermasalah Dan Rancangan Intervensi Pada Anak Tunalaras Tipe Gangguan Perilaku (Conduct Disorder ). Dinamika Pendidikan, 21(1), 1–21. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=282843&val=7192&title=Pola Perilaku Bermasalah dan Rancangan Intervensi pada Anak Tunalaras Tipe Gangguan Perilaku (Conduct Disorder) Berdasarkan Fungsctional Behavior Assesment

Malik, muhammad anas. (2007). pengantar psikologi sosial. makassar: badan penerbit UNM. Retrieved from http://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/

Rehani, R. (2012). Gangguan Tingkah Laku Pada Anak. Al-Ta Lim, 19(3), 201. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.54

Restu, Y., & Yusri. (2013). Studi tentang perilaku agresif siswa di sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 243–249. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/viewFile/1074/932

Sunanto, Takeuchi, K., & N. (2005). Pengantar penenlitian dengan subyek tunggal. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 2220 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 887 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.