PENGARUH PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X TITL DI SMK NEGERI 1 PADANG

Randika Putra -
Aswardi Aswardi -
Hendri Hendri -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik. Hal ini dapat terjadi akibat siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan tidak mau bertanya kepada guru. Oleh sebab itu, perlu model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa untuk memahami materi dengan baik agar hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik meningkat. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat diterapkan agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, memahami materi dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Metode Problem Solving dan Konvensional Pada Mata DiklatĀ  Menganalisis Rangkaian Listrik pada siswa kelas X TITL di SMKN 1 Padang.

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain postest, group eksperimen untuk melihat perbedaan hasil belajar kelompok siswa yang diberi perlakuan berupa pembelajaran yang menggunakan metode Problem Solving dan group kontrol kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari kelas TITL A group A dan kelas TITL A group B. Dari kedua kelas ini dipilih secara acak, kelas X TITL A group A terdiri dari 16 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X TITL A group B terdiri dari 16 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pengujian instrumen dilakukan di SMKN 1 Padang kelas TITL B terdiri dari 16 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (postest) berupa soal objektif sebanyak 20 item. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test).

Dari hasil analisis data pengujian hipotesis dengan t-test, diperoleh thitung sebesar dan untuk ttabel1.697, kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima atau hipotesis (H0) ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar pada mata diklat Menganalisis Rangkaian Listrik siswa SMKN 1 Padang. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 16. Pengaruh penggunaan metode kooperatif tipe Jigsaw adalah 18.81 % terhadap hasil belajar siswa kelas X TITL di SMKN 1 Padang. Untuk meningkatkan hasil pada mata diklat Menganalisis Rangkaian Listrik dan mata diklat yang lain lebih baik, maka disarankan menggunakan metode bervariasi salah satunya metode kooperatif tipe Jigsaw.

Kata Kunci : Metode kooperatif dan hasil belajar


Full Text:

PDF