PERSEPSI SISWA TENTANG SARANA PRASARANA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA BANGUNAN SEDERHANA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 1 KECAMATAN GUGUK KABUPATEN LIMAPULUH KOTA

Media Yulianton -
Amirin Supriyatno -
Asnil Asnil -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Siswa Tentang sarana prasarana dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Bangunan Sederhana Kelas X pada program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK N 1 Kecamatan Guguk Kabupaten Limapuluh Kota. Penelitian deskriptif  yang bersifat korelasional. Penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas  ( X ) dan satu variabel terikat ( Y). Untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat digunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis  dengan menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment yang dilakukan, didapat koefisien korelasi sebesar  rhitung = 0,484 dengan rtabel 0,413 atau rhitung > rtabel ( 0,484> 0,413) artinya terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang sarana prasarana dengan hasil belajar Instalasi Tenaga Bangunan Sederhana dan  thitung = 2,54. Oleh karena nilai thitung > ttabel (2,54 > 2,08) maka Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Persepsi siswa tentang Sarana Prasarana  dengan  Hasil Belajar mata pelajaran  Instalasi Tenaga Bangunan Sederhana program keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK N 1 Kec. Guguk Kab. 50 Kota.

 

Kata Kunci : Sarana Prasarana, Hasil Belajar, Persepsi Siswa


Full Text:

PDF