PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN KONVENSIONAL SISWA KELAS X SMKN 1 PADANG PADA MATA PELAJARAN MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK

Tri Janwardi -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghitung perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tutor sebaya dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMKN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan eksperimen semu (quasi experiment). Dengan subjek penelitian yakni siswa kelas X TDTL SMKN 1 Padang yang mempunyai dua kelas dengan 32 siswa . Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kedua kelas mempunyai jumlah siswa yang sama yakni 16 siswa pada masing-masing kelas. Setelah dilakukan random sampling, didapatkan kelas X TDTL-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TDTL-B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya sedangkan pada kelas kontrol diterapkan metode konvensional dan pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes akhir (posttest). Dari hasil penelitian terlihat hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi dibanding yang menggunakan metode konvensional. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yakni 78,875 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yakni 64,9375. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tutor sebaya dan konvensional pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMKN 1 Padang pada taraf signifikansi (α) = 0,05. Beda rata-rata hasil menggunakan metode tutor sebaya dengan metode konvensional sebesar 13,9375.

Kata kunci: tutor sebaya, konvensional, hasil belajar


Full Text:

PDF