PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN PEMBUATAN RANGKAIAN PENGENDALI DASAR SMKN 2 LANGSA
Abstract
Belajar adalah proses mendapatkan pengetahuan. Pembelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar (PRPD) kurang efektif, hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional. Penerapan metode pembelajaran Langsung pada proses pembelajaran dapat memberikan solusi dalam peningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PRPD. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre – experiment designs dimana rancangan dikelompokkan kedalam pretest – posttest. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Langsa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil pretest siswa adalah 63,33 dan hasil posttest siswa 78,90. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran langsung lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensiional dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 90%. Hasil dari penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan pada penggunaan metode pembelajaran langsung memberikan peningkatan hasil belajar siswa, dari 65,52 menjadi 78,92, dan persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 23,33% meningkat menjadi 90%. Guru yang mengajar pada mata diklat PRPD untuk menggunakan motode pembelajaran langsung sebagai upaya peningkatan hasil belajar, pengetahuan dan pemahaman siswa.
Kata kunci: Penerapan, Hasil Belajar, pembelajaran langsung