PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN MRL KELAS X SMK N 2 PAYAKUMBUH

Saiful Islami -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran MRL melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 dan X TITL 2 program keahlian Teknik Instalasi Tenaga listrik SMK N 2 Payakumbuh dengan jumlah keseluruhan siswa 59 orang, dimana X TITL 1 merupakan kelas eksperimen dan X TITL 2 merupakan kelas kontrol. Penentuan kelas ini dilakukan secara acak dari kelas yang sudah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana rata-rata nilai dari kelas eksperimen adalah 72,73, sedangkan pada kelas kontrol mempunyai rata-rata 61,8.

Kata kunci : hasil belajar, kooperatif tipe jigsaw


Full Text:

PDF